Komparasi Honda Jazz vs Suzuki Baleno Hatchback

Komparasi Honda Jazz vs Suzuki Baleno Hatchback

Meski segmen SUV semakin berkembang pesat, namun hingga kini ini hatchback empat pintu masih saja digandrungi para remaja dan keluarga muda di Indonesia. Dengan kapasitas angkut 5 penumpang dan tampilan desain yang menawan, apalagi harganya tentu lebih murah dari SUV kebanyakan membuatnya masih banyak kita temui di jalan.

Sudah bertahun-tahun segmen ini dikuasai oleh Honda Jazz dan Toyota Yaris. Seakan tidak ada pesaing yang lebih kuat meruntuhkan dominasinya. Namun sejak 2017, Suzuki mulai mencari celah dengan menghadirkan Baleno hatchback dalam daftar dagangan mereka.

Meski begitu, apakah Baleno hatchback cukup kuat menghadang Honda Jazz? Berikut perbandingannya.

 

Mesin

Baleno hatchback mengusung mesin K14B berkapasitas 1.373 cc dengan tenaga puncak mencapai 92,5 ps dan torsi sebesar 130 Nm. Jika dibandingkan dengan Jazz, maka kapasitas mesinnya lebih kecil, karena hatchback milik Honda dipersenjatai mesin berkapasitas 1.497 cc  4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW dengan tenaga sebesar 120 ps dan torsi maksimal 145 Nm. Dari sini jelas Honda Jazz lebih superior dibanding Baleno Hatchback.

Untuk pilihan transmisi, Baleno tipe tertinggi mengusung otomatik 4 percepatan konvensional, sedangkan Jazz RS yang merupakan tipe tertinggi mengandalkan transmisi CVT.

 

Dimensi

Berbicara dimensi, Baleno hatchback memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm, tinggi 1.510 mm dan wheelbase 2.520 mm. Dari catatan tersebut, Baleno hatchback sedikit lebih compact ketimbang Jazz yang punya dimensi PxLxT : 4.035 mm x 1.694 mm x 1.524 mm dengan jarak sumbu roda 2.530 mm.

 

Fitur

Untuk sisi fitur, keduanya cukup bersaing. Mulai dari penerapan lampu LED, DRL, adanya sensor parkir di bagian belakang, ISOFIX dan head unit layar sentuh. Hanya saja, Jazz RS yang merupakan tipe tertinggi sedikit lebih unggul, dengan adanya cruise control, paddle shift, head unit yang lebih besar dengan ukuran 8 inci dan tersedia konektifitas HDMI yang tidak dimiliki Baleno hatchback.

 

Harga

Soal harga, saat ini Baleno hatchback dipasarkan Rp 213 juta untuk tipe manual dan Rp 225,5 juta untuk tipe otomatik. Harga tipe tertinggi Baleno hatchback bahkan lebih murah ketimbang tipe terendah Jazz manual yang dibanderol Rp 239 juta, sementara Jazz RS CVT yang merupakan tipe tertinggi dijual Rp 279,5 juta.

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com