Komparasi Ground Clearance 7 LMPV 2019

Komparasi Ground Clearance 7 LMPV 2019

Wilayah Indonesia dengan topografi yang cukup beragam tetap saja memerlukan mobil yang luwes untuk diterjunkan di berbagai medan. Karenanya ground clearance atau atau jarak antar permukaan tanah dengan posisi terendah dari bodi atau sasis menjadi salah satu hal penting dalam memilih mobil.

Segmen LMPV sebagai ‘kue’ besar yang memiliki pengguna beragam di seluruh pelosok tanah air, tentu menjadikan ground clearance sebagai salah satu 'daftar menu' utama dalam menentukan pilihan mobil.

Ground clearance sedemikian penting lantaran LMPV dituntut untuk mampu membawa 7 penumpang beserta barang bawaannya plus untuk berinteraksi dengan berbagai jalanan Indonesia yang cukup beragam kondisinya.

Lalu dari sekian banyak LMPV yang ditawarkan di Indonesia, mobil manakah yang punya ground clearance paling tinggi?

Muncul dua nama LMPV yang kebetulan memiliki nilai yang sama dalam hal pengumpulan angka ground clearance tertinggi, yakni Mitsubishi Xpander, All New Nissan Livina dan Wuling Confero. Kesemuanya punya ground clearance 205 mm. 

 

Khusus untuk Xpander. Angka tersebut tercatat pada varian dengan lingkar pelek 16 inci yang dibekalkan pada tipe Ultimate, Sport dan Exceed. Sedangkan varian di bawahnya seperti GLS dan GLX yang dibekali dengan pelek 15 inci dan memiliki ground clearance lebih rendah di angka 200 mm. Hal ini berlaku pula pada kembarannya All New Livina di mana dipakai oleh varian E MT sebagai entry level.

Sedangkan Wuling Confero mampu bertahan di pada semua varian yang ada yakni Confero 1.5, Confero 1.5C dan Confero 1.5L.

 

Para juara ground clarance ini berasal dari dua genre yang berbeda. Xpander dan All New Livina menggunakan platform yang sama dengan konfigurasi Front Wheel Drive (FWD). Perolehan ini dua kembar ini menumbangkan Honda Mobilio dan All New Suzuki Ertiga. Di mana Mobilio tetap konsisten dengan angka 189 mm setelah terjadi facelift sekalipun.

Sedangkan All New Ertiga justru turun 5 mm lebih pendek dari generasi sebelumnya, kini jadi 180 mm yang sekaligus menjadikannya sebagai LMPV dengan ground clearance terendah.

Sementara itu Wuling Confero meraja di kelas LMPV Rear Wheel Drive (RWD). Lawan Confero praktis hanya berasar dari kubu Avanza-Xenia hanya mampu memberikan perlawanan dengan angka 200 mm.

Berikut daftar ground clearance terkini LMPV di Indonesia.

Merk Toyota New AvanzaDaihatsu Great XeniaAll New Suzuki Ertiga Honda MobilioMitsubishi  XpanderAll New LivinaWuling Confero
Penggerak RWD RWD FWD FWD FWDFWDRWD
Ground Cleaarance200 mm200 mm180 mm189 mm200-205 mm200-205 mm205 mm

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com