Komparasi Ertiga Suzuki Sport AT VS Toyota Veloz

Komparasi Ertiga Suzuki Sport AT VS Toyota Veloz

Walaupun dibaptis sebagai LMPV, namun pada kenyataannya beberapa LPMV ini berusaha naik kelas. Hal ini dilakukan oleh Toyota dengan mengenalkan varian Veloz pada jajaran LMPVnya. Belakangan jurus serupa dilakukan Suzuki dengan menyodorkan Suzuki Ertiga Sport  yang belum lama ini diluncurkan.

Varian Veloz dengan mesin 1.500 cc dipilih agar berimbang dengan Ertiga yang mengandalkan mesin dengan kubikasi yang setara.

Seperti apakah kompetisi antara kedua LMPV yang naik pangkat itu?

 

Mesin dan transmisi

Di balik kompartemennya, Ertiga Suzuki Sport mengusung mesin K15B, sama seperti yang dijejalkan pada Ertiga versi ‘reguler’nya. Mesin 4 silinder DOHC, VVT berkapasitas 1.462 cc menyuguhkan tenaga sebesar 104,7 PS/6.000 rpm dan torsi puncak di angka 138 Nm/4.400 rpm.

Pabrikan berlogo S ini menyediakan pilihan transmisi 4 speed otomatis dan 5 speed manual bagi kasta tertinggi dalam jajaran LMPVnya ini.

Senada dengan rivalnya, varian Veloz ditawarkan dengan pilihan transmisi manual 5 speed manual dan 4 speed matik. Pilihan transmisi menyokong kinerja mesin 2NR-VE dengan semburan tenaga 104 ps/6.000 rpm dan torsi 136 Nm/4.200 rpm. 

 

Dimensi

Sebagai kendaraan penggerak depan, Suzuki diuntungkan dengan hilang absennya tunel kopel gardan seperti yang terdapat pada Veloz.  Hal ini memberikan kontribusi pada peningkatan ruang kaki terutama pada penumpang di baris kedua.

Ertiga Sport semakin di atas angin dengan dimensi bodi yang dimilikinya.

Suzuki Ertiga Sport               

Dimensi    4.470 mm x 1.735 mm x 1.690 mm
Wheelbase2.740 mm

 

Toyota Veloz             

Dimensi4.200 mm x 1.660 mm x 1.695 mm
Wheelbase2.655 mm

 

Fitur

Sebagai kendaraan LMPV, keduanya memiliki beberapa kesamaan dalam hal fitur, mulai dari Dual Airbag, ABS+EBD, ataupun pengatur AC digital sebagai standar. Namun Ertiga melangkah lebih jauh lagi dengan menyodirkan fitur Hill Hold Control (HHC) dan Electronic Stability Program (ESP), di mana kedua fitur ini absen dari unit Veloz.

Hanya saja untuk urusan lampu utama, Veloz telah menggunakan sepenuhnya jenis lampu LED, sedangkan Ertiga Sport dilengkapi dengan lampu tipe proyektor yang diklaim tidak menyilaukan pengguna jalan yang berpapasan dengannya.

Ertiga Sport dengan ciri interior hitam
Interior veloz

Harga

Walau ditempatkan pada posisi yang sama, namun ternyata harga yang dicantelkan pada keduanya memiliki selisih yang lumayan.  Versi manual harga Ertiga selisih sebesar Rp 13,5 juta. Sementara untuk matik versi matiknya di angka Rp 12,05 juta. (harga OTR Jabodetabek)

Suzuki Ertiga Sport MT Rp 241 juta
Suzuki Ertiga Sport ATRp 251,5 juta
Toyota Veloz MT Rp 227,65 juta
Toyota Veloz ATRp 239,45juta
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com