Komparasi Dimensi Corolla Altis vs Civic Turbo vs Mazda 3

Komparasi Dimensi Corolla Altis vs Civic Turbo vs Mazda 3

Toyota Corolla Altis kini mengusung platform baru TNGA (Toyota New Global Architecture) yang membuatnya lebih canggih dan berdimensi lebih besar ketimbang model terdahulu.

Dengan platform baru kebanggaan Toyota ini, Altis sekarang hadir dengan dimensi lebih panjang 10 mm, lebih lebar 5 mm dan lebih rendah 45 mm dibanding generasi terdahulu.

Corolla Altis kini lebih melar dibanding generasi terdahulunya

Foto: Alfons

 

Di kelas medium sedan, tentunya Altis sudah ditunggu oleh para kompetitornya seperti Honda Civic Turbo dan juga Mazda 3 sedan. Keduanya juga sudah lebih dahulu menampilkan model 'All New' untuk pasar Indonesia.

Berbicara dimensi, menurut spesifikasi dari website resmi masing-masing produsen, Altis kini memiliki panjang total 4.630 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.435 mm dengan wheelbase 2.700 mm. Sementara para penantangnya seperti Civic memiliki dimensi panjang 4.630 mm, lebar 2.705 mm, tinggi 1.416 mm dan wheelbase 2.700 mm. Sedangkan Mazda 3 hadir dengan panjang mencapai 4.660 mm, lebar 1.765 mm, tinggi 1.440 mm dan wheelbase 2.725 mm.

 

 

Dengan demikian, dalam hal dimensi Altis dan Civic memiliki panjang yang sama, kemudian soal lebar tentunya Civic jauh lebih unggul, kemudian jarak sumbu roda lebih besar Mazda 3 yang membuat kabin bagian belakangnya terasa lebih lapang.

Besar kecilnya dimensi tentu memiliki nilai plus dan minus. Altis dan Civic secara teori harusnya cenderung lebih lincah ketimbang Mazda 3. Namun di sisi lain, sedan kebangaan Mazda tersebut mampu memberi kestablan lebih baik ketika melaju. 

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com