Komparasi BMW X4 VS Mercedes-Benz GLC 300 Coupe

Komparasi BMW X4 VS Mercedes-Benz GLC 300 Coupe

All New BMW X4 hadir di Indonesia memberikan pilihan baru di segmen kelas premium. Varian X4 xDrive 30i M Sport dipilih untuk memperketat persaingan SUV Coupe yang ada di Indonesia. Mobil ini merupakan generasi kedua dari X4 yang didapuk sebagai penerima tongkat estafet dari generasi sebelumnya.

Berbincang mengenai BMW maka kita tidak bisa melepaskan pandangan dari Mercedes-Benz sebagai rival abadi pabrikan berlambang baling-baling ini. Dan raksasa asal Stuttgard tersebut memiliki model GLC 300 Coupe yang hadir menjadi lawan sepadan bagi pendatang baru dari Munchen itu.

Keduanya memiliki nafas desain yang sama sebagai SUV Coupe dengan ciri bodi tinggi dan atap landai. Lalu, manakah yang akan membuat menarik perhatian Anda? Mari kita komparasi.

 

Mesin

BMW X4 x Drive 30i M Sport memiliki mesin 4 silinder dengan kubikasi 1998 cc. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi twin-scroll turbocharger yang mampu menyemburkan daya 252 hp dan torsi 350 Nm.

Sedangkan Mercedes-Benz GLC 300 Coupe menggunakan mesin 4 silinder 2.000 cc turbocharged. Walau memiliki volume mesin yang sama, akan tetapi SUV Three Star ini hanya mampu menyuguhkan daya 245 hp dan unggul dalam perolehan point pada torsi yakni 370 Nm. Berdasarkan klaim masing-masing merek X4 lebih ekonomis dalam penggunaan bahan bakar yakni 14,2 km /liter, sementara GLC di angka 11,9 km/liter.

 

 

Transmisi

X4 merupakan mobil berpenggerak all wheel drive yang mendistribusikan kekuatan mesinnya dengan transmisi matik 8 speed. Tuas transmisi ditempatkan pada konsol tengah yang lazim ditemukan pada BMW modern.

Sementara GLC memakai girboks 9 speed (9G-tronic) 4Matic All Wheel Drive. Seperti yang kini menjadi standar untuk Mercedes-Benz, posisi tuas transmisinya terletak pada coloum steer pada sisi kanan. Mungkin akan sedikit perlu adaptasi dalam menggunakannya, karena posisinya tidak selazim BMW atau mobil kebanyakan.

BMW X4 mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam tempo 6,3 detik. Sementara Mercedes-Benz GLC 6,5 detik.

 

 

Dimensi

Berdasarkan ukuran, X4 memiliki dimensi yang lebih bongsor dibandingkan GLC yakni (P) 4.752 mm x (L) 1.918 mm x (T) 1.621 mm sedangkan GLC (P) 4.732 mm x (L) 1.890 mm x (T) 1.602 mm. Berdasar angka tersebut BMW X4 lebih panjang, lebih lebar dan juga lebih tinggi dibandingkan SUV berlogo bintang, namun wheelbase GLC sedikit lebih panjang .2.872.7 mm dibandingkan 2.865.1 mm milik X4. 

Di atas kertas X4 lebih bisa menyajikan ruang kabin yang lebih lega, walau GLC punya ukuran wheelbase lebih panjang. 

 

 

Bagasi

Kedua SUV Coupe tersebut memiliki volume bagasi yang nyaris sama. Namun nampaknya GLC harus mengakui bahwa ruang bagasi X4 lebih lega. Hal ini disebabkan oleh penempatan ban serep di ruang bagasi GLC. Sedangkan untuk X4 tidak ditemui kondisi seperti ini. BMW memilih untuk menggunakan ban Run Flat Tire (RFT) dan meniadakan ban serep.

Dengan kondisi tersebut, maka X4 menang telak dalam kemampuan pengangkutan barang.

 

 

Fitur

Dilihat dari sisi fitur keselamatan, kedua mobil ini dapat dikatakan cukup berimbang. Keduanya dibekali fitur keselamatan pasif maupun aktif yang hampir rata-rata hampir sama. Sebagai contoh, masing-masing dilengkapi dengan 6 buah airbag dan berbagai fitur lainnya seperti ABS, EBD, kontrol traksi, Hill Descent Control dan lain sebagainya.

Harga

BMW Indonesia mengumumkan bahwa harga SUV Coupe ini dibanderol di angka Rp 1,459 milyar off-the road. Sementara Mercedes Benz Indonesia membenderol Rp 1,23 milyar off-the road.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com