Komparasi All New Nissan Livina VS New Honda Mobilio

Komparasi All New Nissan Livina VS New Honda Mobilio

Bisa dikatakan awal tahun ini adalah periode-nya mobil bergenre LMPV (Low Multi Purpose Vehicle). Setelah kehadiran Avanza facelift, diikuti All New Livina, lantas PT Honda Prospect Motor tak mau ketinggalan dengan membawa ubahan pada New Mobilio yang akhirnya diperkenalkan. Bahkan Suzuki tak mau kalah dengan me-refresh All New Ertiga.

Meski begitu, sedikitnya pembaruan yang terjadi pada New Mobilio membuat peta persaingan di LMPV agaknya meragukan. Akankah LMPV berlogo H ini masih diminati di tengah gempuran para pesaing terdekatnya? Atau kah perlahan hilang ditinggal para konsumen? Berikut ini OtoDriver membandingkan antara All New Livina dengan New Mobilio.

 

Mesin

All New Livina hadir dengan mesin 4 silinder milik Xpander berteknologi MIVEC. Mesin tersebut berkapasitas bersih 1.499 cc dengan tenaga maksimal 104 ps dan torsi puncak 141 Nm. Sementara New Mobilio mengandalkan mesin 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW berkapasitas 1496 yang nyatanya memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar, yaitu bertenaga 118 ps dan torsi maksimal 145 Nm.

Dimensi

Soal Dimensi, Livina generasi terbaru punya panjang 4.510 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm dan wheelbase 2.775 mm. Sementara Honda Mobilio memililiki panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, tinggi 1.603 mm dan wheelbase 2.650 mm. Dalam hal dimensi, Livina lebih besar ketimbang Mobilio. 

 

 

Fitur

Berbicara fitur, keduanya cukup bersaing. Livina unggul dengan tilt & telescopic steering, power outlet di baris ketiga dan lampu LED. Sedangkan New Mobilio tipe tertinggi sudah dilengkapi dengan pengaturan AC digital, head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang lebih banyak fitur konektivitas dan hiburannya.

Harga

Dengan ubahan yang tak banyak, lantas Honda tidak menaikkan banderol harga untuk New Mobilio agar konsumen tetap tertarik dengan model barunya. Tipe termurah S M/T dibanderol Rp 194 juta, tipe E M/T Rp 214,5 juta, E CVT Rp 225,5 juta. Kemudian dua tipe tertinggi yaitu RS M/T dan CVT dihargai masing-masing Rp 237,5 juta dan Rp 248 juta.

Jika dibandingkan dengan LMPV baru yang dimiliki PT Nissan Motor Indonesia yang juga baru diluncurkan, harga Mobilio memang tergolong lebih terjangkau. Untuk All New Nissan Livina, para konsumen harus rela menebusnya dengan kocek mulai Rp 198,8 juta untuk tipe E M/T, Rp 223 juta EL M/T, Rp 233 juta EL A/T, Rp 249,9 juta VE A/T dan Rp 261,9 juta untuk tipe tertinggi VL A/T.

Harga masing-masing tipe terendah berselisih Rp 4,8 juta lebih mahal Livina, sedangkan untuk tipe tertinggi keduanya, harganya berbeda hingga Rp 13,9 juta lebih mahal LMPV milik Nissan tersebut.

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com