Koleksi Hotwheels Pria ini Bernilai RP 1 Miliar Lebih

Koleksi Hotwheels Pria ini Bernilai RP 1 Miliar Lebih

Chia Joon Hock adalah seorang pria asal Malaysia yang dijuluki “Uncle Hot Wheels”. Mengapa? Karena ternyata Chia adalah seorang kolektor diecast berlabel Hot Wheels terbanyak di Malaysia. Buktinya pria berumur 65 tahun ini menyimpan kurang lebih 10.000 unit Hot Wheels di rumahnya!

Butuh waktu sekitar 15 tahun untuk mengumpulkan diecast tersebut dan dilansir dari situs Paultan, jika dihitung harganya sekitar RM 100K – 300K yang setara dengan Rp 600 jutaan – 1 miliaran.

 

Saking banyaknya, Chia harus menyewa sebuah rumah hanya untuk membangun etalase transparan dan rak untuk penimpanan kolesinya ini. Menurut mantan insinyur berusia 65 tahun ini, obsesi terhadap model berskala dimulai pada tahun 2003, ketika saudaranya memberinya model Ferrari skala 1: 18 yang dipajang diatas meja dan Chia menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengagumi detail die-cast tersebut. Sejak kejadian itu, pria berkacamata ini selalu hunting ketika ke 7-Eleven, Amcorp Mall dan pasar loak.

Secara keseluruhan, Chia telah menghabiskan uang lebih dari RM 100.000 untuk membeli model Hot Wheels dari tempat-tempat yang jauh seperti Indonesia, Jepang dan bahkan Amerika Serikat, dan koleksinya saat ini diperkirakan bernilai antara RM 200.000 dan RM 300.000. Salah satu die-cast Chia yang paling berharga adalah sebuah Nissan Skyline dari Sweet Rods Premium Series senilai RM800 atau setara dengan Rp 2,7 jutaan.

Tidak hanya mengoleksi, namun pengetahuan Chia terhadap die-cast lansiran Hot Wheels tersebut sangat dalam, bagai ensiklopedi. Salah satu buktinya, Chia bisa membedakan model dan tahun pembuatannya berdasarkan sedikit variasi dalam desain mereka, bahkan melalui detail kecil seperti pelek dan ban.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com