Kilas Sejarah Honda NSX

Kilas Sejarah Honda NSX

Siapa yang tidak kenal dengan NSX, sebuah mid-engine sports car buatan Honda yang masih diproduksi dan digemari hingga saat ini. Mobil penuh sejarah yang diproduksi dari tahun 1990 – 2005 ini memiliki sebutan berbeda untuk pasar Amerika utara, yakni Acura NSX. Penasaran dengan sejarahnya? Mari kita kupas.

Sebelum Honda NSX lahir, pada tahun 1984 Honda bekerjasama dengan desainer mobil Italia bernama Pininfarina untuk menciptakan mobil konsep dengan nama HP-X (Honda Pininfarina Xperimental). Mobil tersebut diketahui menggunakan mesin tengah V6 berkapasitas 2.000cc dan berpenggerak belakang.

Seiring berjalannya waktu, Honda memutuskan untuk mengembangkan mobil konsep HP-X menjadi kenyatanan bernama Honda NSX. Mobil yang desain bodinya fokus kepada aerodinamika dan kokpit dari jet tempur F16 ini didesain oleh Chief Designer, Ken Okuyama, Masahito Nakano, Shigeru Uehara dan James Stevens.

 

NSX juga diketahui sebagai mobil produksi pertama yang mengusung bodi berbahan dasar aluminium. Tidak hanya bodi, mesin mobil ini dipersenjatai dengan jantung pacu all-aluminium V6 berkapasitas 3.000cc yang sudah pasti disempurnakan dengan teknologi mesin andalan Honda yakni, VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control). Terdapat 2 pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis SportShift 4-percepatan.

Setelah lahir pada tahun 1990, terdapat varian Targa Top di tahun 1995. Selanjutnya pada tahun 1997, mobil berwajah ganteng ini mendapat peningkatan performa yakni penambahan cc mobil menjadi 3.200cc dan terdapat facelift pada 2002. Sayangnya pada tahun 2005, Honda NSX sudah tidak diproduksi lagi. Hal tersebut membuat harga mobil ini menjadi mahal dan dicari-cari orang sampai saat ini.

Medio 2011 lalu, Honda kembali mengumumkan bahwa akan ada NSX generasi kedua dan pada 2016 mobil tersebut resmi dipasarkan. Berbeda dengan NSX generasi pertama yang diproduksi di Jepang, NSX lansiran terbaru dirancang dan direkayasa di Honda Amerika Serikat, Marysville, Ohio dan didesain oleh Michelle Christensen dan Chief Engineer Ted Klaus.

 

Pada generasi kedua ini hampir seluruh bagian disempurnakan, dan konsepnya berubah menjadi hybrid sports car. Kini NSX dipersenjatai dengan mesin buas dibanding pendahulunya yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 600 dk.

Tenaga sebesar itu dihasilkan oleh jantung pacu V6 berkapasitas 3.500cc twin-turbo ditambah 3 motor bertenaga listrik, transmisi otomatis kopling ganda 9 percepatan dan penggerak 4 roda.

 

Reporter: Christo

Editor: Danu

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com