Kilas Sejarah Double Cabin Mitsubishi Triton

Kilas Sejarah Double Cabin Mitsubishi Triton

Mitsubishi bukan cuma terkenal akan produk kendaraan penumpang seperti SUV, sedan, hatchback maupun MPV. Merek berlogo tiga berlian ini juga punya sejarah panjang di segmen pick up dan double cabin.

Dari literatur yang dirilis Mitsubishi Motors (17/9), model pick up pertamanya yang lahir pada 1978 adalah Forte atau di beberapa negara, termasuk Indonesia bernama L200 yang masih digunakan hingga hari ini. Model ini hanya tersedia dalam pilihan single cabin. Ditenagai oleh mesin bensin 2.600 cc untuk pasar Amerika Utara dan 1.600 cc untuk pasar Jepang.

Pada media 1980 sistem 4WD part-time diperkenalkan untuk Forte alias L200 ini. Baru pada Maret 1986 terjadi pergantian model total L200. Tiga tipe variasi bodi diperkenalkan: Single Cab, Club Cab dan Double Cab dengan pilihan bodi pendek dan panjang untuk Single Cab.

 

Masuk 1991, Mitsubishi memperkenalkan Strada untuk pasar Jepang namun khusus Double Cabin. Era 90an pun menandai d-cab modern berlogo tiga berlian. Berikut urutan sejarahnya:

November 1995:
- Model truk pikap baru L200 STRADA diperkenalkan di Thailand.
- Produksi dipusatkan di pabrik MSC Laem Chabang untuk ekspor ke seluruh dunia.
- Tiga variasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab, dan Double Cab untuk ekspor. Menggunakan mesin diesel 2.5 liter atau 2.8 liter dengan mekanisme 4WD yang dilengkapi dengan sistem inovatif “Easy Select 4WD”.

 

Agustus 2005
- Pikap Triton generasi keempat baru diperkenalkan di Thailand dan penjualan di pasar lain juga dimulai secara berurutan setelah peluncurannya di Thailand.
- Hadir dengan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dan Double Cab
yang ditenagai oleh mesin diesel common-rail pengembangan terbaru 2.5 liter dan 3.2 liter. Tersedia dalam pilihan penggerak 2WD dan 4WD yang dilengkapi dengan sistem “Easy Select 4WD” atau “Super Select 4WD”.

Generasi kelima Triton maupun L200 hadir pada 2014 dan memperjelas konsepnya untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan konsumen yang semakin meningkat. Mesin 2.5 liter turbodiesel dan 2.400 cc bensin yang telah dikembangkan hadir bersama dengan mesin baru 2.400 cc MIVEC turbodiesel.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com