KILAS BALIK 2018: 7 Mobil Baru Merek Jepang Meluncur Tahun Ini

KILAS BALIK 2018: 7 Mobil Baru Merek Jepang Meluncur Tahun Ini

Setiap tahunnya, tentunya banyak sekali mobil baru yang hadir di Indonesia. Berbagai pabrikan melakukan strategi peluncuran mobil baru guna menjaga produknya tetap segar serta memberikan lebih banyak pilihan untuk konsumen.

Di tahun 2018 ini, berbagai merek Jepang tercatat rajin meluncurkan model barunya di Indonesia. Beberapa di antaranya merupakan generasi baru dan yang lainnya merupakan model yang belum pernah diluncurkan di Indonesia.

Berikut adalah daftar model-model baru yang diluncurkan pabrikan mobil asal Jepang.

 

1. Suzuki All New Ertiga

 

LMPV Suzuki generasi kedua ini melakukan debutnya di Jakarta pada 19 April 2018. Indonesia merupakan negara pertama yang kedatangan Suzuki Ertiga generasi terbaru sebelum muncul di India pada November lalu.

Tak hanya perubahan di sektor eksterior dan interior, salah satu pembaharuan yang paling signifikan adalah mesinnya yang kini berkapasitas 1.500 cc atau lebih besar 100 cc dibanding pendahulunya.

Berbicara harga, All New Ertiga generasi terbaru dipasarkan dari harga Rp 205 juta hingga Rp 246 juta. Tak hanya itu, model ini hadir dalam 4 varian di Indonesia.

 

2. Honda All New Brio

 

Sejak tahun 2013 tak berganti model, akhirnya di tahun 2018 Honda Brio mengalami pergantian model alias full model change. Honda Brio generasi kedua pun diluncurkan, tetap hadir dalam versi LCGC dan Non-LCGC di GIIAS 2018 pada 2 Agustus 2018.

Salah satu hal yang paling mencolok pada Brio model terbaru ini adalah dimensinya. Honda mengklaim membesarnya dimensi Brio guna memberikan kapasitas kabin belakang serta bagasi yang lebih lapang.

Kendati demikian, baik jantung pacu maupun desain eksterior dan interior tidak memiliki perbedaan yang menonjol dibandingkan model terdahulunya. Honda Brio dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 138 juta hingga Rp 190 juta

 

3. Daihatsu All New Sirion

 

Pada 13 Februari 2018, model terbaru Daihatsu Sirion meluncur di Indonesia. Produk rebadge dari Perodua Myvi ini hadir dalam dua varian, yakni opsi transmisi manual yang dipasarkan dengan harga Rp 182,5 juta dan transmisi otomatik yang dibanderol dengan harga Rp 193,5 juta.

Sirion model terbaru ini dibekali dengan mesin berkubikasi 1.300 cc DOHC 4 silinder dengan tenaga 95 dk dan torsi 120 Nm.

 

4. Mazda CX-9

 

Setelah sempat berhenti produksi dan tak dijual bertahun-tahun, Mazda CX-9 kembali dijual di Indonesia. Produk termahal Mazda yang didatangkan langsung dari Jepang ini merupakan generasi terbaru yang telah menganut bahasa desain Mazda ‘Kodo Design’.

Untuk versi Indonesia, CX-9 hanya tersedia 1 varian dengan penggerak roda depan. Mesinnya menggunakan kapasitas 2.500 4 silinder turbo yang mampu menghasilkan tenaga 228 dk dan torsi 420 Nm. Harga Mazda CX-9 yaitu Rp 789,8 juta.

 

5. Datsun Cross

 

Berbeda dengan model yang telah disebutkan di atas, Cross merupakan model paling baru Datsun di Indonesia, bahkan di dunia. Sesuai dengan namanya, model ini merupakan versi ‘crossover’ dari Datsun Go+ yang telah hadir terlebih dahulu di tanah air.

Namun tak hanya desain eksterior, tentunya perbedaan denan Go+ juga meliputi di pilihan transmisi, yakni transmisi CVT. Datsun Cross dijual dengan harga mulai dari Rp 161,49 juta hingga Rp 173,9 juta. Oya, Cross praktis menjadi satu-satunya produk Datsun yang tak masuk skema LCGC.

 

6. Toyota C-HR

 

Toyota C-HR juga merupakan model baru yang belum pernah diluncurkan di Indonesia. Pesaing Mazda CX-3 ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang diklaim tidak dimiliki oleh para rivalnya.

Begitu meluncur, C-HR 'mengejutkan' pasar dengan banderolnya yang di angka Rp 488 juta hingga Rp 490 juta. Jantung pacunya serupa dengan Toyota Corolla Altis, yakni mesin 1.800 cc 141 dk dengan torsi maksimum 177 Nm.

 

7. Nissan Terra

 

Segmen SUV Ladder Frame kedatangan pemain baru, yakni Nissan Terra. Model ini merupakan versi SUV dari double cabin Nissan Navara yang telah dipasarkan terlebih dahulu di Indonesia. Indonesia menjadi negara kedua yang meluncurkan Terra setelah Filipina.

Mesin yang digunakan SUV baru ini serupa dengan Navara, yakni unit diesel berkapasitas 2.500 cc turbo dengan tenaga 190 ps dan torsi 450 Nm. Pesaing terbaru Mitsubishi Pajero Sport ini dijual dengan harga Rp 464 juta hingga Rp 661 juta.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com