Kia dan Hyundai Banyak Dituntut Konsumennya di Amerika Serikat

Kia dan Hyundai Banyak Dituntut Konsumennya di Amerika Serikat

Hyundai dan Kia tengah dirundung cobaan setelah dituntut keras oleh konsumennya di Amerika Serikat. Manufaktur asal Korea Selatan itu, dituntut perihal dugaan cacat produksi yang menyebabkan mesin terbakar tiba-tiba. 

Selain itu, kurangnya tindakan yang diambil oleh Hyundai dan Kia kini juga menjadi pemicu konsumen untuk membuat gugatan. Menurut yang diberiatakan Motor1 yang juga telah menerima salinan gugatan dari pengacara penggugat, Hagens Sobol Shapiro LLLP,  keluhan para konsumen kepada Kia dan Hyundai adalah masalah mesin mobil Kia dan Hyundai mereka yang tiba-tiba terbakar dengan sendirinya.

 

 

Menurut isi dari gugatan, mobil Hyundai dan Kia diduga mengalami cacat produksi, yang menyebabkan kebakaran tanpa adanya tabrakan. Dugaan api muncul dari mesin bensin GDI Theta II 2,0 liter turbo dan 2,4 liter naturally aspirated karena kurangnya lubrikasi. 

Hal ini disampaikan di dalam gugatan karena mesin tersebut diklaim memiliki kesalahan pada desain, sehingga menghalangi aliran oli ke bagian-bagian mesin yang bergerak. Hal tersebut kemudian membuat beberapa komponen mesin aus dan merusak, hingga menimbulkan lubang. Akhirnya cairan bocor dan memicu api.

Pada gugatan juga disebut, ada 350 komplain dari risiko yang sama sudah disampaikan ke NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) di Amerika Serikat. Model yang terpengaruh cacat produksi pun beragam. Ada Hyundai Sonata, Kia Sportage dan Kia Optima untuk produksi 2011 - 2019. Model lain, Kia Sorento dan Soul (2012 - 2019), Hyundai Santa Fe Sport lansiran 2013 - 2019. Semuanya ditenagai mesin bensin GDI Theta II 2,0 liter turbo dan 2,4 liter naturally aspirated.

Ada keluhan spesifik dari pengguna di Illinois dengan Hyundai Santa Fe 2015. Ketika digunakan di jalan bebas hambatan di Bloomingdale, mesinnya terbakar. Setelah diperiksa, ada kerusakan pada connecting roda yang kemudian memukul dan membuat lubang pada mesin. Pada akhirnya menyebabkan kebakaran. Beruntung tak sampai memakan korban jiwa pada kejadian mesin terbakar itu.

Yang menarik, gugatan menyebutkan sudah menghubungi pemerintah setempat terkait risiko keselamatan pada mobil-mobil itu. Pihak pemerintah sudah memanggil perwakilan Hyundai dan Kia untuk menjawab semua tuntutan yang dilayangkan. Sayang, manufaktur mobil asal negeri gingseng itu, tak dapat memenuhi panggilan sampai batas waktu yang ditentukan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com