Kia Carens Tak Lagi Dijual Di Indonesia. Ini Alasannya

Kia Carens Tak Lagi Dijual Di Indonesia. Ini Alasannya

Indonesia merupakan lahan subur untuk mobil-mobil bersegmen MPV. Tapi ternyata ini bukan berita gembira bagi perusahaan asal Korea Selatan yaitu Kia. Salah satu varian yang dikeluarkan oleh Kia dalam segmen ini, Carens, dihentikan penjualannya karena tidak bisa memberikan prestasi yang baik.

Dari data yang dikumpulkan oleh pihak Gaikindo, penjualan MPV sepanjang Januari-Mei 2016 secara nasional terjual 29.368 unit tapi sayangnya dari angka tersebut tidak ada nama Kia Carens tercantum di dalamnya.

Dengan hal ini akhirnya PT Kia Motors Indonesia (KMI) mengambil keputusan untuk tidak lagi menjual Carens di Indonesia. “Carens tidak jual lagi, seperti saya katakan, mempertahankan sebuah tipe atau meluncurkan tipe baru harus melihat dari beberbagai segi, kompetitif dan juga persiapan suplai,” ujar Hartanto Sukmono selaku Direktur Marketing PT KMI.

Menurut Hartanto, Carens dari segi harga memang kurang kompetitif. Karena jika dilihat dari daftar harganya, mobil ini dibanderol mulai dari Rp 266-280 jutaan dengan keadaan diimpor utuh dari negeri asalnya alias Completely Built Up (CBU). Alhasil, Carens dikenakan pajak lebih mahal dan ini membuatnya lebih mahal dibanding kompetitornya seperti Honda Freed, Nissan Grand Livina dan lainnya yang diproduksi di dalam negeri. “Kami lebih baik slow down daripada memaksakan,” Lanjut Hartanto.

Carens tak lagi dijual di Indonesia

Sebetulnya dari sisi spesifikasi, Carens ini cukup menjanjikan. Ia ditenagai mesin 2.000 cc berdaya 152 dk. Ini di atas rival lainnya. Lantas harganya yang tetap di bawah Rp 300 juta semestinya menggiurkan calon pembeli. Tapi  kenyataannya tak sesuai prediksi. Pertama kali diluncurkan pada 2014, ia hanya laris 150 unit di tahun pertamanya. Bahkan di 2015 ia tak mencapai 30 unit. Sangat kecil untuk ukuran MPV.

Bila saja Carens memiliki mesin 1.500 cc, pasti harganya bisa lebih kompetitif. Namun sekali lagi, kami menilai harga jual di Rp 280 jutaan untuk sebuah MPV 2.000 cc tetap tergolong menarik. Sayangnya hingga penjualan dihentikan tahun ini, hal tersebut tak menolong angka pembelian konsumen.

Di web Kia Indonesia, masih tertera Carens sebagai salah satu produk. Tapi bila Anda klik Price List, ia sudah tak ada lagi di daftar harga. Meski begitu Kia tetap menjamin ketersediaan suku cadang dan kemudahan perawatannya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com