Keunggulan Oli Mesin Sintetis Dibanding Oli Mesin Biasa

Keunggulan Oli Mesin Sintetis Dibanding Oli Mesin Biasa

Dewasa ini, pabrikan oli semakin banyak menawarkan jenis oli sintetik. Kondisi ini seiring dengan perkembangan teknologi mesin menuntut jenis oli yang lebih stabil dan minim penguapan.

Berbagai merek oli sintetik pun dijajakan di pasaran dengan berbagai merek dan harga. Seperti yang bisa dipantau di Blibli.com, mulai dari merek dalam negeri seperti Pertamina ataupun merek internasional seperti Mobil 1, STP,Shell dan lain-lain kadang membuat bingung untuk dipilih mana yang harus dibeli.

Menurut Dady Tiasono, mesin modern lebih panas dan membutuhkan oli yang lebih tahan terhadap penguapan sehingga tetap mampu melumasi secara maksimal dalam kondisi temperatur yang lebih tinggi. “Oli sintetik jadi solusinya. Karena jenis oli ini memiliki banyak keunggulan dibanding oli mineral,” terang pebengkel yang banyak menangani merek Jeep ini.

Oli sintetis pada dasarnya merupakan pelumas yang dibuat  bukan dari mineral minyak bumi. Cairan pelicin komponen mesin ini merupakan pelumas yang terbuat dari senyawa kimia buatan. Bahan dasar oli sintetis ini dibuat dari komponen yang berasal dari minyak bumi dan diproses dan dimodifikasi secara kimiawi, bukan langsung dari minyak mentah yang ditambang dari perut bumi.

Proses produksi yang lebih rumit dan komplek tentu berimbas pada harga jual yang lebih mahal. Namun hal tersebut sepadan dengan keunggulannya di antaranya adalah :

  1. Viskositas atau kekentalannya lebih stabil pada suhu yang cukup ekstrim baik suhu rendah maupun pada suhu yang tinggi.
  2. Memiliki unsur kimia yang lebih stabil dibandingkan dengan oli biasa.
  3. Lebih tahan terhadap penguapan, oksidasi dan minyak lumpur.
  4. Mampu meningkatkan perhitungan ekonomis pada penggunaan bahan bakar.
  5. Mampu menekan  terjadinya tumpukan minyak lumpur (sludging), sehingga dapat  meminimalisir terjadinya penyumbatan pada mesin yang menggunakan oli sintetis.
  6. Rentan waktu penggantian oli lebih panjang dibandingkan dengan oli mineral. Efeknya jeda penggantian oli lebih panjang sehingga oli ini lebih ramah lingkungan.

PILIH OLI SINTETIK TERPERCAYA DAN ORIGINAL HANYA DI BLIBLI.COM

Istimewa

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com