Ketika Jantung Kota Jakarta Dipadati Kendaraan Listrik

Ketika Jantung Kota Jakarta Dipadati Kendaraan Listrik

Sabtu pagi (31/8) kemarin pusat kota Jakarta, tepatnya di daerah Monas, ruas jalan MH. Thamrin, hingga bundaran HI dipadati sejumlah kendaraan listrik berjenis BEV (Battery Electric Vehicle). Namun sayangnya pemandangan ini hanya tak berlangsung lama dan apalagi terus-terusan setiap hari.

Tentu ini adalah pemandangan langka. Terlebih yang menunggangi sejumlah kendaraan listrik tersebut adalah sejumlah Menteri. Momen ini memang disengaja, dibuat oleh pihak Kementerian Perhubungan dengan tajuk "Pameran dan Parade Kendaraan Bermotor Listrik" yang berpusat di silang Monas, Jakarta.

 

Pada kesempatan ini Menhub bersama para Menteri yang turut hadir seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Mentri Ristekdikti Mohamad Nasir ikut serta mengambil bagian dalam parade kendaraan listrik dengan rute Monas – Bundaran HI dan kembali ke Monas.

Peserta yang mengikuti pameran pada hari ini adalah sebanyak 23 peserta yang terdiri dari Operator transportasi sebanyak 4 peserta; Perguruan Tinggi sebanyak 1 peserta; dan Produsen kendaraan bermotor sebanyak 18 peserta; Adapun jumlah kendaraan yang mengikuti kegiatan ini terdir dari 39 mobil dan 93 sepeda motor.

Selain bertujuan untuk mengenalkan mobil listrik kepada masyarakat, acara ini disebut pihak Kementerian sebagai upaya mempercepat penggunaan BEV oleh masayarakat dengan rangsangan sejumlah keuntungan. 

 

“Komponen mobil listrik mulai dari steel, nikel dan baterainya itu komponen yang dibuat anak negeri sendiri. Ini saya berharap hal ini agar dilihat kita Indonesia pertama kali dalam sejarah mempunyai supply chain yang betul-betul akan membuat Indonesia akan lebih bagus. Sekarang ujungnya ini perguruan tinggi harus betul-betul memeras kemampuannya untuk menghasilkan produk-produk yang lebih bagus lagi,” ujar Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan dalam siaran pers.

Salah satu peserta APM yang ikut ambil bagian dalam acara ini adalah Nissan. Walau belum memulai menjual mobil listrik (BEV) atau hybrid sekalipun, namun pihaknya yakin betul bahwa mobil listrik tepat untuk masyarakat.

"Kami percaya bahwa mobil listrik adalah solusi mobilitas yang tepat bagi masyarakat Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia.

 

Foto:

kemenperin.go.id

dephub.go.id

PT NMI

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com