Kenapa Tuas Transmisi Mayoritas Ditempatkan di Lantai?

Kenapa Tuas Transmisi Mayoritas Ditempatkan di Lantai?

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, shifter atau yang dikenal sebagai tongkat perseneling pun mengikuti perkembangan yang ada. Hal yang paling nyata adalah penempatan tuas transmisi.

Walaupun masih beberapa masih ada yang menempatkan tuas transmisi pada kolom setir ataupun pada dasbor, namun umumnya pada saat ini letak tongkat transmisi ditempatkan pada lantai atau floor mount shifter.

 

Mengapa demikian?

“Floor mount shifter memiliki posisi natural, di mana pengemudi bisa dengan leluasa dan lebih sigap untuk menjangkaunya,” terang Hartawan Setjodiningrat, penggemar dan kolektor mobil antik saat ditemui beberapa waktu silam di bilangan Jakarta Selatan. “Posisinya pun juga dirasa lebih sporty, terlebih untuk jenis transmisi manual,” terang pria yang akrab disapa Hauwke ini.

“Dari sisi mekanikal, posisi tuas transmisi di lantai pun lebih sederhana dan tidak serumit jenis kolom shifter ataupun yang diletakkan pada dasbor,” sambung Dido juragan Bengkel Seribu Pohon dari Yogyakarta.  “Hal ini berkaitan dengan maintenan kendaraan yang lebih rendah,” tutupnya.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com