Kenali Masalah Pada Rem, Demi Terhindar Rem Blong

Kenali Masalah Pada Rem, Demi Terhindar Rem Blong

Karena sangat pentingnya pengereman, maka jangan pernah mengabaikan masalah sekecil apapun yang ditimbulkan olehnya. Kenali masalah-masalah yang timbul pada rem agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kami pun bertanya ke ahlinya bagaimana cara mendeteksi rem bermasalah.

Satu yang paling mudah adalah ketika rem berdecit saat diinjak pelan. Ini mengindikasikan kampas rem sudah menipis, sehingga besi di dalam kampas menyentuh piringan rem. Memang, bunyi berdecit bisa juga diakibatkan adanya kerikil yang terjebak masuk ke sistem pengereman. Namun bila itu penyebabnya, maka biasanya bunyi akan hilang setelah beberapa saat.

Di lain sisi, ada sejumlah hal lain yang perlu diwaspadai karena berpotensi bahaya. 

Contohnya ketika Anda sedang mengemudi dan pedal rem terasa dalam saat diinjak, sebaiknya Anda patut curiga. Kondisi tersebut kemungkinan besar disebabkan adanya masalah dalam sistem rem mobil. “Jika pedal rem yang diinjak cukup dalam dan hampir menyentuh dinding dalam ketika mengerem biasanya berasal dari master rem yang bermasalah,” ungkap Hendro Januli dari Pawana Auto Service di bilangan Cirendeu, Tangerang Selatan.

 

 

Master rem yang sudah rusak bisa dikarenakan akibat kebocoran sil, sehingga minyak rem tidak bisa maksimal menekan piston kaliper. Selain itu, kampas rem juga bisa jadi penyebabnya, karena sudah mulai menipis atau karena menggunakan sepatu rem imitasi yang cenderung berkualitas rendah.

Selain itu ada ciri lain apabila rem mulai bermasalah. “Jika pedal rem terasa keras ketika diinjak, biasanya disebabkan booster rem bermasalah,” tambah pria ramah ini. Booster rem berguna meringankan kerja master rem untuk mendorong minyak rem dengan memanfaatkan vakum intake mesin.

Selain gejala di atas, masih ada masalah lain yang bisa terjadi pada rem, yaitu piringan rem yang bergelombang. Gejalanya dapat dirasakan ketika Anda melakukan pengereman di kecepatan 80 hingga 100 km/jam. “Pedal rem terasa bergetar, naik-turun, dan lingkar kemudi seolah mengikutinya,” tutup pria yang akrab dipanggil Endro. Bisa dipastikan gejala tersebut timbul karena piringan rem yang sudah aus, menipis maupun bergelombang.

Jika ada masalah-masalah yang kami sebutkan di atas, sebaiknya jangan kompromi. Langsung bawa ke bengkel langganan Anda untuk secepatnya ditangani. Karena ini adalah sebuah peranti keselamatan yang bisa membahayakan nyawa Anda apabila diabaikan kinerjanya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Tag

 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com