Kenali Jenis Speaker Agar Hiburan Kabin Makin Maksimal

Kenali Jenis Speaker Agar Hiburan Kabin Makin Maksimal

Hiburan kabin sangat tergantung dari kualitas tatanan audio. Salah satu yang menentukan kualitas audio mobil adalah speaker. Tidak heran kalau speaker mobil adalah piranti audio yang paling sering diganti.

Seperti yang pernah diutarakan Awie dari AW Audio di kawasan Sentra Spare Parts BSD, Tangerang Selatan, bahwa speaker menjadi salah satu penentu keluaran vokal dan nada berfrekuensi tinggi. "Sehingga penikmat audio mobil harus tahu jenis speaker agar paham peranannya," jelasnya saat itu.

Lanjut Awie, pertama adalah speaker split yang masing masing komponen dibuat secara terpisah untuk driver (Lihat foto lead). "Nah, speaker mobil sistem ini memiliki komponen driver midrange, tweeter, dan crossover passive. Umumnya midrange diadopsi pada pintu mobil bagian depan, sementara tweeter dipasang pada pilar A atau ujung dashboard yang arahnya ke pengemudi atau penumpang depan," bilang Awie.

Buat info tambahan, kalau tweeter yang terpisah ini berfungsi untuk menghasilkan nada tinggi, sedangkan suara vokal didengar dari midrange.

Berikutnya adalah speaker coaxial yang terdiri dari midrange dan tweeter berada dalam satu konus speaker alias tidak terpisah(Lihat foto di bawah). Sayangnya, Kekurangan speaker ini adalah staging yang sukar didapat karena suara vokal dan nada tinggi berada di bawah pendengar lantaran umumnya diadopsi di pintu belakang bagian bawah. 

Namun, kelebihannya, suara vokal dan nada tinggi bisa disupport dari kabin belakang. Selain itu, biasanya harga dari speaker coaxial jauh lebih terjangkau ketimbang model split, dan instalasinya juga lebih mudah karena fungsinya juga minimalis.

Foto: Yulian Lahardi

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com