Kasus Penipuan Jual Beli Mobil Bekas Masih Marak Terjadi di OLX?

Kasus Penipuan Jual Beli Mobil Bekas Masih Marak Terjadi di OLX?

Lebih dari ribuan mobil bekas diiklankan secara online. Salah satunya di situs jual beli OLX.co.id yang disebut-sebut sebagai online marketplace terpopuler untuk jual beli kendaraan bekas alias second hand.

Pihak OLX.co.id sendiri menyebutkan 130.000 unit mobil laku setiap bulannya. Namun tentunya pada situs jual beli online, kasus penipuan pun kadang tak terelakkan.

 

Agung Iskandar, Direktur Marketing CTX dan OLX Indonesia menghimbau agar lebih berhati-hati ketika bertransaksi mobil secara online.

“Untuk iklan, khususnya mobil, baiknya sebelum bertransaksi dilihat dulu barangnya. Pastikan barang tersebut ada secara fisik,” ujar Agung ketika diwawancarai di Jakata Selatan pekan lalu (22/1).

Selain itu, Agung juga menjelaskan modus yang biasanya dilakukan oleh sang penipu. “Karena modusnya sang penipu menjual mobil dengan harga yang murah. Lalu saat kita menghubungi yang bersangkutan, sang penipu meminta down payment. Biasanya modusnya seperti itu,” tambah Agung.

Kendati demikian, OLX.co.id telah berupaya semaksimal mungkin untuk meminimalisir tindakan penipuan. “Kami (OLX) telah invest banyak di sistem. Kita memastikan iklan yang masuk sudah dicek oleh 3 lapis sistem yang sangat aman,” tutup Agung.

Jika Anda melakukan pencarian mobil bekas di sebuah situs, pastikan bertemu dengan penjual langsung. Tak hanya itu, hal ini guna mengetahui fisik barang yang dijual benar-benar ada.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com