Kapan Waktu Terbaik Untuk Mengganti Busi?

Kapan Waktu Terbaik Untuk Mengganti Busi?

Busi merupakan salah satu komponen penting dalam mesin. Komponen ini pun memiliki masa waktu tertentu yang harus diganti.agar fungsi untuk membakar campuran bahan bakar tetap maksimal.

Lantas kapankah pergantian busi yang optimal? Apakah dari jarak tempuh atau hanya berdasarkan waktu? Sumarmin selaku Head Mechanic Auto 2000 Cilandak, menuturkan bahwa sebenarnya kedua hal tersebut bisa dijadikan referensi, hanya tinggal melihat kondisi pemakaiannya.

 

"Sebenarnya usia busi tidak ada batasan baku karena memang tergantung banyak hal. Bila ditanya baiknya ganti berdasarkan waktu atau jarak, sebenarnya hal tersebut tinggal melihat dari situasi dan kondisi saja," ujar Sumarmin, saat ditemui di Jakarta awal bulan ini.

Namun hal tersebut juga harus melalui pengecekan lebih dulu dan tergantung dari kondisi mobil serta jenis busi yang digunakan. Contoh busi jenis iridium, jelas memiliki kemampuan lebih dibandingkan busi reguler. Lalu mengenai kondisi mesin mobil, apakah dalam keadaan standar, atau sudah dimodifikasi yang arahnya ke urusan peningkatan performa.

"Faktor komponen penentunya banyak. Saran saya lebih baik ikuti anjuran bengkel resmi, atau bila mau lebih pasti khususnya pengguna di Jakarta lakukan pengecekan berkala seperti tiga atau empat bulan sekali. Bila memang sudah tidak baik, bisa segera ganti," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com