Kaca Tetap Jernih Dengan Washer Fluid Bikinan Sendiri

Kaca Tetap Jernih Dengan Washer Fluid Bikinan Sendiri

Setiap mobil dilengkapi dengan wiper washer. Komponen ini bertugas bersama-sama dengan wiper blade untuk menjaga kaca depan ataupun belakang tetap bersih.

Walau bisa saja cairan pada wiper washer ini diisi dengan air biasa, namun untuk membersihkan lebih optimal alangkah baiknya jika benar-benar diisi dengan wiper washer fluid atau biasa disebut washer fluid. Beberapa noda membandel seperti halnya kotoran yang menggandung minyak akan lebih mudah dienyahkan dengan jenis cairan ini dibandingkan dengan air biasa.

 

Washer fluid relatif mudah didapatkan di toko-toko. Namun sebenarnya cairan ini relatif cukup mudah dibuat sendiri.

“Bahan-bahan yang dibutuhkan gampang didapatkan, bahkan hanya menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di rumah,” terang Migrawan Nugroho dari Karya Indah Motor (KIM) di bilangan Cipendawa Bekasi, Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Ega ini mengatakan bahwa hanya tiga komponen sederhana yang harus disiapkan untuk membuat ‘home made’ washer fluid. Pertama air suling atau bisa juga dengan air bersih biasa, sabun cuci piring cair dan alkohol.

Ega mengatakan bahwa komposisi yang digunakan adalah 1 liter air dicampur dengan 200-300 cc alkohol (90%) dan kemudian ditambahkan sabun cuci piring cair satu sendok makan.

Aduk komposisi tersebut hingga merata dan kemudian masukkan ke dalam wadah penampungan washer fluid. Sekarang anda punya washer fluid bikinan sendiri yang tak kalah ampuh dari bikinan pabrik.

Selamat mencoba..

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    CarReview.id

      Otorider.com