Jangan Sembarang, Ini Cara Mencuci Mobil yang Benar

Jangan Sembarang, Ini Cara Mencuci Mobil yang Benar

Salah satu treatment yang umum dilakukan adalah mencuci mobil. Nah, ada beberapa opsi untuk membersihkan mobil Anda, salah satunya bisa ke tempat car wash atau bagi yang memiliki banyak waktu luang bisa mencuci sendiri. Namun untuk mencuci mobil sendiri ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya maksimal. 

“Pertama-tama siapkan air dan selang atau jet washer untuk membilas bodi mobil. Jika salah satu alat tersebut sudah tersedia, Anda bisa langsung mulai mencuci dengan cara semprot seluruh bagian mobil hingga merata untuk membersihkan debu dan pasir yang melekat pada badan mobil,” ujar Luthfi Arsya, punggawa Rotation Detailing Studio. Hal tersebut bisa dibilang penting karena jika langsung menggosok bodi mobil, kemungkinan besar debu dan pasir tersebut dapat menggores cat.

 

Setelah seluruh permukaan mobil basah, dianjurkan gunakan car wash mitt atau sponge yang telah diberi sabun atau shampoo, lalu balur seluruh bagian bodi termasuk kaca secara merata.

Sebenarnya ada cara yang lebih praktis untuk menyemprotkan cairan pembersih, yakni menggunakan snow foam lance, lalu untuk meratakannya menggunakan wash mitt yang tadi sudah disebutkan. “Penggunaan sabun atau shampoo diwajibkan memakai produk yang memang dibuat khusus untuk mencuci mobil, jangan gunakan sembarang sabun karena hasilnya tidak bisa maksimal,” tambah Luthfi.

 

Setelah selesai dengan proses sebelumnya, basuh kembali seluruh bagian bodi sampai bersih. “Sebenarnya kalau hasilnya mau lebih maksimal, lakukan claying untuk menghilangkan bug and tar yang menempel.” Ujar Luthfi. Jika proses berikut sudah kelar, masuk ke proses pengeringan. 

Pengeringan bisa menggunakan car dryer towel atau lap kanebo. Namun jika menggunakan kanebo, proses pengeringannya disarankan untuk 2 kali karena kanebo biasanya masih meninggalkan sisa-sisa air dan kemudian diakhiri dengan microfiber towel.

 

Reporter: Christo

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com