Jangan Posisikan Tuas Transmisi di D saat Macet

Jangan Posisikan Tuas Transmisi di D saat Macet

Mobil bertransmisi otomatis menjadi salah satu pilihan berkendara di tengah kemacetan Ibu Kota. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menggunakan transmisi dua pedal ini dengan benar.

Kenyamanan menggunakan mobil bertransmisi otomatik ini cukup efisien terutama saat perjalanan sedang macet atau berhenti di lampu merah.

 

Namun ternyata tuas transmisi berada di Posisi D saat kemacetan adalah hal yang agak salah, mengapa demikian? Posisi D (Drive) pada tuas transmisi saat dalam kemacetan atau mobil berhenti maka otomatis kampas rem berkerja lebih keras karena adanya dorongan dari sistem Drive tersebut.

Selain itu, memberhentikan mobil saat posisi tersebut akan mengurangi umur tansmisi itu sendiri, hal tersebut juga dijelaskan oleh Service Advisor bengkel resmi Toyota -  Auto2000 Gading Serpong, Tangerang, Banten

“Saat kondisi mobil dalam keadaan berhenti lebih baik tuas tranmisi berada di posisi N (Netral) ataupun P (Parking), kalau tetap di posisi D nantinya bisa buat kampas rem lebih cepat habis dan bisa membuat rusak dari sisi transmisi itu sendiri,” ujar sang Service Advisor tersebut (11/2).

 

Masih menurutnya, salah satu cara untuk manjaga umur transmisi juga bisa memanfaatkan rem tangan dengan sebelumnya memindahkan tuas transmisi dalam kondisi N, terutama dalam keadaan macet saat menanjak.

“Lebih amannya lagi ditambah pakai rem tangan sama rem kaki saat kondisi menanjak tapi dalam keadaan posisi Netral atau Parking” tambahnya.

 

Reporter: Ryan Fauzi

Foto: Ryan Fauzi

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com