Jangan Anggap Sepele, Ini Pentingnya Tutup Pentil

Jangan Anggap Sepele, Ini Pentingnya Tutup Pentil

Tutup pentil atau disebut juga sebagai valve cap sering tak dianggap keberadaannya. Namun sebenarnya punya peran penting dan dianggap sebagai salah satu fitur safety. Seberapa pentingkah kehadiran tutup pentil pada sebuah ban?

“Fungsi utama adalah menjaga supaya kotoran tidak masuk dalam unit pentil. Dalam unit pentil ban terdapat mekanisme katup yang harus dijaga dalam kondisi bersih,” terang Ari Hartono dari Artomoro Ban yang bermarkas di Duren Sawit, Jakarta Timur.

 

“Percampuran debu dan air berpeluang menyumbat perangkat mekanikal pentil. Akibatnya ban susah dipompa atau malah mengalami bocor halus karena udara bisa saja lolos karena mekanikal pentil terganjal kotoran,” lanjut penggemar kendaraan 4x4 ini.

“Di lain sisi, dengan kondisi tanpa tutup pentil, akan memperbesar peluang kerusakan pada karet sil pada pentil. Hal ini disebabkan air hujan memiliki sifat asam yang sebabkan karet lebih cepat getas,” imbuhnya.

Ari menambahkan bahwa sebaiknya pilih tutup pentil yang paling sederhana dan ringan, agar tidak terlalu berpengaruh pada balancing ban.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com