Isuzu Janjikan Panther Baru Sebentar Lagi. All New Atau Facelift?

Isuzu Janjikan Panther Baru Sebentar Lagi. All New Atau Facelift?

Isuzu Panther yang dari tahun lalu banyak dinanti model barunya kini mendapat titik cerah. PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) berjanji akan meluncurkan Panther edisi baru dalam waktu dekat. Dan itu sudah sepantasnya mengingat sudah belasan tahun mobil ini tak mengalami ubahan berarti.

"Ke depannya memang kita punya rencana terhadap Panther, mudah-mudahan dalam waktu yang tak terlalu lama kita me-launching Panther baru. Research and development-nya sudah dilakukan sejak lama," buka Joen Boediputra, Chief Executive of Isuzu Sales Operation (7/6).

Jika menilik kalimat terakhirnya, adanya riset dan pengembangan yang lama menyiratkan besar kemungkinan akan keluar generasi terbaru dari Panther. Bukan hanya mesin dan kosmetik, tapi seluruh struktur dan desainnya berubah. 

 

 

Namun di lain sisi kami mengendus ada indikasi kalau Panther baru yang dimaksud Joen adalah versi penyegaran saja, bukan generasi baru atau ganti mesin. Kemungkinan tersebut dikatakan langsung oleh Tomtom Eko Boedianto selaku Product Developmnet Division Head PT IAMI.

Menurut Tomtom, Isuzu mencanangkan seluruh modelnya terutama mobil penumpang sudah memenuhi standar Euro 4 pada 2021. Maka Panther pun juga akan menyesuaikan dengan penggunaan mesin baru. "Mesin Panther itu teknologinya masih direct injection, nah, Euro 4 itu harus common rail. Basis mesin untuk Panther common rail itu bisa dari mesin lama, yaitu 4JA1, mungkin nanti jadi 4JA1-TC," ujar Tomtom dalam kesempatan yang sama. Artinya hanya mesin lama yang disempurnakan.

Masih menurut Tomtom, Panther bermesin common rail kemungkinan belum bisa dirilis tahun ini. Maka jika menyambung kembali janji Joen Boediputra di atas, bisa jadi Panther baru yang akan meluncur adalah versi facelift.

"Sudah bisa dipastikan di 2021 atau sebelum, Panther pakai mesin baru. Kalau model eksterior tergantung pasar, kebutuhan market-nya seperti apa," tutup Tomtom. 

Kita lihat saja berapa lama waktu yang dipahami Isuzu sebagai 'Sebentar'. Lantas saat meluncur, sebaiknya Isuzu mengeluarkan generasi baru jika tak ingin kian tergilas rivalnya yang makin modern, nyaman, dinamis dan efisien.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com