Isi Libur Akhir Pekan dengan Membersihkan Kawannya Wiper

Isi Libur Akhir Pekan dengan Membersihkan Kawannya Wiper

Apapun kondisi cuaca, semua komonen mobil andalan harus selalu tampil prima, tak terkecuali kondisi wiper washer (penyemprot air wiper). Apalagi sebentar lagi sebagian dari kita akan melakukan perjalanan mudik Lebaran yang bakalan menempuh jarak ratusan kilometer dengan berbagai ragam kemungkinan cuaca.

“Perjalanan lebih nyaman jika tidak ada masalah, termasuk pada unit wiper washer. Permasalahan yang sering ditemui adalah semprotan air tidak kencang dan semprotannya tidak fokus pada target di atas kaca,” terang Migrawan, salah satu pentolan Karya Indah megah Motor (KIM) di bilangan Cipendawa, Bekasi, Jawa Barat.

 

“Biasanya hal ini disebabkan karena oleh kondisi (nosel) sprayer atau selang saluran wash wiper yang kotor dan itu harus dibersihkan,” lanjut pria yang akrab disapa Ega ini.

Ega mengatakan bahwa tak sulit melakukan pembersihan komponen yang merupakan kawan wiper ini. Cukup dilakukan dengan menggandalkan perangkat yang gampang didapatkan di rumah seperti peniti atau jarum. Tips merawat nosel alias sprayer ini pun cocok dilakukan sendiri sembari mengisi waktu libur akhir pekan seperti sekarang.

Berikut caranya:

Bersihkan dengan gunakan jarum atau peniti dengan cara mengorek lobang sprayer dan kemudian bilas dengan air hingga bersih. Pastikan bahwa saluran sprayer washer benar-benar bersih dan lancar.

Jika dengan cara di atas kerak yang bercokol tak juga luruh, maka bisa dilanjutkan dengan cara lainnya yakni dengan merendam spray washer ke dalam larutan air dan baking soda. Diamkan selama 3-5 menit kemudian bilas dengan air dan bantu korek dengan jarum.

Apabila kerak tetap saja bercokol pada saluran sprayer, maka bisa lakukan dengan cara lebih ekstrem yakni dengan merendam sprayer air mendidih selama 3 hingga 5 menit. Air akan menjadi lebih keruh maka merupakan tanda bahwa kerak dalam sprayer sudah teruai.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com