Inilah Detail Rimac Concept One, Mobil Yang Dinaiki Richard Hammond Saat Kecelakaan

Inilah Detail Rimac Concept One, Mobil Yang Dinaiki Richard Hammond Saat Kecelakaan

Tidak banyak dari kita yang pernah mendengar mobil bermerek Rimac. Tapi mendadak mobil ini menjadi cukup populer setelah terlibat kecelakaan saat dibawa presenter otomotif terkenal, Richard Hammond (10/11). Ketika itu satu unit Rimac Concept One hancur dan terbakar setelah menabrak. Hammond sendiri selamat dengan cedera lutut.

Rimac memang pemain baru di dunia otomotif. Ia merupakan perusahaan asal Kroasia yang didirikan oleh Mate Rimac di 2009. Tujuan dari merek otomotif satu ini memang menciptakan supercar bertenaga elektrik.

 

Rimac Concept One

 

Concept One merupakan produk mereka yang sudah diproduksi sejak 2013 dan memegang rekor resmi sebagai mobil elektrik dengan akselerasi tercepat di dunia hingga 2015.

Ia mampu melaju 0-100 km/jam dalam 2,8 detik, 0-200 km/jam dalam 6,2 detik, bahkan menyentuh 300 km/jam dari berhenti dalam 14,2 detik saja. Bahkan setekah dibatasi secara elektronik pun, top speed mobil ini masih 305 km/jam.

Mobil ini memang memiliki tenaga yang sangat besar. Baterai 82 kWh yang diusungnya sanggup memberi tenaga1.088 hp dan torsi 1.600 Nm. Tenaga itu bisa disalurkan sesuai pilihan Anda, ke empat roda atau ke roda belakang saja. Sekali isi penuh, mobil ini bisa berjalan 500 km.

 

Rimac Concept One

 

Mobil yang dikabarkan berharga 2 juta Poundsterling (sekitar Rp 34 miliar) ini sudah terjual 8 unit di dunia. Ia juga menjadi mobil resmi pimpinan lomba pada ajang Formula E, balap formula bertenaga listrik kelas dunia.

Namun sama seperti mobil listrik lainnya, kelemahan Rimac adalah di berat. Sementara supercar dan hypercar lain memiliki bobot 1.500 kg ke bawah, Rimac ini memiliki bobot kosong 1.850 kg. Bobot seperti ini kadang membuatnya agak sulit dikendalikan di tikungan.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com