Inilah 5 Mobil Produksi Massal Terkencang di Nurburgring

Inilah 5 Mobil Produksi Massal Terkencang di Nurburgring

Sebelumnya sebuah mobil dikatakan sebagai yang terkencang dengan melihat seberapa cepat ia dapat menuntaskan 0-100 km/jam, melintasi seperempat mil, dan capaian top speed-nya. Angka-angka tersebut masih menjadi suatu hal yang penting, namun seberapa cepat sebuah mobil dapat mengitari sirkuit Nurburgring, Jerman, adalah sebuah catatan istimewa sekaligus sebuah benchmark atau patokan target yang diincar oleh berbagai produsen mobil sport.

Mengapa demikian? Sejak pertama ia diciptakan, sirkuit ikonik nan bersejarah ini disebut-sebut sebagai salah satu yang tersulit di dunia. Dan inilah 5 mobil produksi massal tercepat yang dapat menuntaskan putaran tercepat dalam waktu di bawah 7 menit di sirkuit 'The Green Hell', Nurburgring:

 

5. Lamborghini Aventador LP 750-4 Super Veloce

Aventador LP 750-4 SV adalah versi lebih ringan dan hardcore dari Aventardor standar. Tambahan yang memperbaiki aerodinamika pada bodinya membuat mobil ini lebih 'licin' saat menembus udara. Bantuan lainnya berasal dari mesin 6.500 cc V12 yang pasokan tenaganya lebih besar dari versi standar. Betapa menakjubkan mobil sebesar ini mampu menyelesaikan putaran di Nurburgring sedikit di bawah 7 menit tepatnya dalam 6:59.73.

 

4. Porsche 918 Spyder

Meski terbilang sudah cukup lama, Porsche 918 Spyder memecahkan rekor tersebut di tahun 2013 dan bertahan hingga 4 tahun lamanya sebelum mobil selanjutnya melengserkan posisi hybrid dari Porsche ini. Ia dapat mecatatkan angka 6:57.00 berkat bantuan mesin hybrid bertenaga 887 dk yang mendapat sokongan motor elektris dari roda depan. Berkat paduan tersebut, otomatis 918 Spyder memiliki cengkeraman yang luar biasa

 

3. Porsche 911 GT3 RS (991.2)

Baru saja mencatatkan rekornya 16 April 2018 lalu, Porsche 911 GT3 RS menusuk ke posisi 3 dari jajaran mobil tercepat di Nurburgring. Ban baru, suspensi yang direvisi total, downforce yang bertambah serta aksi heroik Kevin Estre yang memacu mobil ini berhasil memangkas 24 detik dari generasi sebelumnya. Hanya dengan 520 dk, mobil ini mampu mencatatkan waktu 6:56.4.

 

2. Lamborghini Huracan Performante

Ubahan radikal pada sistem aerodinamika aktif dan mesin bertenaga 640 dk menuntun Huracan Performante meringsek ke posisi kedua. Ia dapat memangkas waktu sebanyak 28 detik dari versi standar dengan catatan waktu 6:52.01. Dalam pengetesan ini, ia mengandalkan ban Pirelli Trofeo R serta Marco Mapelli di balik kemudi.

 

1. Porsche 911 GT2 RS

Porsche kembali menempati posisi teratas sebagai mobil produksi massal tercepat di Nurburgring. Ia hanya membiarkan Lamborghini Huracan Performante menempati puncak klasemen selama 6 bulan sebelum dilibasnya dengan rekor waktu yang lebih cepat nyaris 5 detik. 6:47.25 adalah waktu paling menakjubkan saat ini di Nurburgring untuk mobil produksi massal. Mari kita berikan penghargaan kepada mobil bermesin belakang dan penggerak belakang yang dinahkodai oleh Lars Kern ini.

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com