Ini Prediksi Performa Dan Kehematan Daihatsu Ayla 1.200 CC

Ini Prediksi Performa Dan Kehematan Daihatsu Ayla 1.200 CC

Daihatsu Ayla kini varian mesin 1.200 cc, secara otomatis figur tenaganya lebih besar dibanding model sebelumnya. Mesin tersebut sama persis dengan yang dipakai Sigra 1.200 cc, tapi harusnya Ayla lebih unggul dalam hal performa serta kehematan.

Sebab, walau punya kubikasi mesin yang sama persis, dengan bobot Ayla yang lebih ringan, maka Daihatsu percaya diri menyebut LCGC 1.200 itu bakal punya performa yahud.

"Mobil ini tentunya bagus power to weight ratio-nya, tenaganya terukur sama seperti Sigra 1.200 cc. Tapi Sigra dimensinya lebih panjang dan disasar untuk tujuh penumpang," buka Pradipto Sugondo, ‎Research & development division head at PT Astra Daihatsu Motor di sela peluncuran Agya facelift (7/4).

 

 

Bahkan ia juga yakin Ayla lebih unggul dibanding Honda Brio Satya yang pakai transmisi CVT. "Dengan transmisi otomatik konvensional, Ayla 1.200 cc lebih handal untuk dikendarai, termasuk bagi yang awam akan mobil matic," ujar Sugondo.

Untuk mengimbangi penambahan performa tersebut, Daihatsu membekali Ayla varian baru itu dengan batang stabilizer di depan dan belakang. "Itu (stabilizer) agar membuat mobil lebih stabil saat menikung, karena tenaganya kan lebih besar," seru Sugondo.

Ayla yang pakai mesin berkode 3NR-VE itu tercatat punya tenaga 88 PS di 6.000 rpm. Dapur pacu yang dibuat di Karawang, Jawa Barat itu mampu menyemburkan torsi 108 Nm di 4.200 rpm. Figur tersebut sama persis dengan yang tertulis di lembar spesifikasi Daihatsu Sigra 1.200 cc.

 

Danu

 

 

Walau belum ada data akselerasi dari Daihatsu, tapi dengan bobot kosong terberat 880 kg, mobil lima penumpang ini harusnya bisa berlari lebih cepat dibanding Sigra. LCGC 7 penumpang tersebut bobot kosong terberatnya mencapai 990 kg. 

Kami sendiri sudah pernah mencoba akselerasi dari Sigra 1.200 cc A/T. Mobil itu menghasilkan angka akselerasi 0-100 km/jam dalam 14,6 detik. Dengan bobot yang lebih ringan 110 kg atau sekitar 11 persen, maka akselerasi yang sama kami prediksi bisa dituntaskan Ayla A/T dalam 13 detikan. Sedangkan versi manual yang memungkinkan start awal lebih baik, kami perkirakan bisa menembus 12 detikan.

Untuk kehematan sendiri, hasil tes kami akan mesin ini di Sigra bertransmisi otomatik menghasilkan 13,7 km/liter di rute dalam kota (kecepatan rata-rata 22 km/jam). Tentu saja aman bagi kita untuk mengasumsikan kalau Ayla 1.2 A/T sanggup menembus 14 km/liter di tes yang sama.

Akan tetapi rival utama Ayla,yakni Honda Brio Satya, juga memiliki figur yang impresif. Hasil tes kami, mobil ini mencatat konsumsi BBM dalam kota sebaik 14,9 km/liter, sedangkan akselerasi 0-100 km/jam tuntas dalam 12,9 detik.

Tidak sabar rasanya bagi kami untuk mengetes Ayla 1.200 cc ini di jalan. Begitu unit tes mobil ini tersedia, kami akan segera melakukan pengujian lengkap dan menuangkannya dalam bentuk video. Oleh sebab itu, selalu stay tune di kanal YouTube "Oto Driver".

 

BACA JUGA:

VIDEO: Daihatsu Sigra 2017 Review | OtoDriver

VIDEO: Honda Brio Satya 2017 Review | OtoDriver

 

Simak Video : VIDEO: Ratusan Unit Sigra Siap Jadi Armada Taksi

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com