Ingin Punya Mobil Reli? Subaru Ini Mungkin Jawabannya

Ingin Punya Mobil Reli? Subaru Ini Mungkin Jawabannya

Sensasi mobil reli sangat kental pada pabrikan mobil asal jepang ini. Jelas saja, Subaru telah memenangkan kejuaraan reli dunia sebanyak 46 kali.

Dari exterior, tidak terdapat berbedaan signifikan, lantas apa bedanya dengan Subaru WRX STI NR4 dengan STI biasa?

Versi NR4 ini dibuat dengan spesifikasi reli sesungguhnya, dengan rangka penguat 6-titik buatan Sparco, rollbars ini teraplikasi pada bagian interior. Pengurangan bobot mobil juga dilakukan dengan melepas sebagian kursi dan menggantinya dengan kursi balap ringan lansiran Sparco. Setir orisinil Subaru pun diganti dengan setir balap merek Sparco yang berbahan beludru.

Untuk hal teknis, NR4 mengadopsi transmisi balap 'Hewland 5-speed dog gearbox', pemakaian limited-slip differential pada roda depan dan belakang, dan center differential yang diatur secara elektronik serta rem peruntukkan balap berdiameter besar buatan AP Brakes.

Sedangkan untuk mesin, NR4 ini menggunakan mesin turbo WRX yang berkapasitas 2.000 cc (268 dk) alih-alih menggunakan versi STI yang memiliki kapasitas 2.500 cc (305 dk). Meskipun lebih kecil volumenya tapi mesin NR4 ini dilengkapi dengan sistem two-stage anti-lag  sehingga menghasilkan tenaga 284 dk di 4.250 rpm dan torsi maksimum 560Nm pada 3.000 rpm.

Mobil siap reli ini dibuat khusus oleh Subaru bekerja sama dengan JRM untuk dijual kepada umum dan bersaing di kelas NR4 yang diadakan FIA untuk reli internasional di berbagai Negara.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com