IAA 2015 : Motor Show Terbesar Di Dunia. Pengunjungnya 2 Kali GIIAS 2015

IAA 2015 : Motor Show Terbesar Di Dunia. Pengunjungnya 2 Kali GIIAS 2015

Mungkin banyak yang belum tahu atau hanya sekadar pernah dengar, malah mungkin baru kali ini saja mendengar dan melihat di beberapa berita dari media massa lokal maupun luar negeri yang melabeli judul berita dengan IAA.

Apalagi beberapa media massa belakangan ini dengan gencar menginformasikan apa  saja yang terdapat di IAA 2015 seperti pada Otodriver.com.

IAA tersebut adalah singkatan yang berasal dari bahasa Jerman Internationale Automobil-Austellung. Atau dalam bahasa Inggris berarti International Motor Show. Hajatan pameran otomotif yang diklaim terbesar sedunia ini memang milik bangsa Jerman. Data sejarah mencatat kali pertama pameran ini digelar pada 1897 silam, inilah yang membuat IAA sebagai pameran otomotif tertua dalam sejarah motor show dunia.

IAA sendiri diselenggarakan oleh Verband der Automobilindistrie atau disingkat VDA (Asosiasi Industri Otomotif Jerman) dan dijadwalkan oleh Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobile.

Penyelenggaraannya pun cukup unik, acara ini digelar dalam sekali setahun. Di tahun ganjil, mereka hanya memamerkan kendaraan penumpang dan sebagian kendaraan roda dua, pada tahun genap mereka hanya menampilkan kendaraan komersial atau niaga. Tahun ini adalah kali ke-66 pagelaran ini dilaksanakan.

Untuk pameran kendaraan penumpang dan sepeda motor, selalu dilakukan di Messe (Trade Fair) Ground di daerah Bockenheim dan Westend-Sud District kota Frankfurt. Dengan luas area sebesar 578.000 meter persegi yang terdiri dari 10 hall.

Sudah banyak pameran terbesar berskala Internasional digelar di Messe, Frankfurt. Oleh karenanya, pameran otomotif terbesar di dunia ini kerap disebut Frankfurt Motor Show

Sementara untuk kendaraan niaga dan komersial, setiap tahunnya selalu digelar di Messegelande Hanover atau Hanover Fairground. Berlokasi di Mittelfield District, area pameran ini memiliki uas sekitar 496.000 meter persegi untuk indoor dan 58.000 meter persegi untuk outdoor. Dengan 27 buah hall didalamnya tempat ini menjadi lokasi pameran terbesar yang ada di dunia.

Tak heran, dengan luas kedua area pameran yang ada, menjadikan IAA atau Frankfurt Motor Show menjadi yang terbesar dalam sejarah pameran otomotif di dunia.

Tercatat saat IAA ke-64 kendaraan penumpang dan sepeda motor digelar 2013 silam di Frankfurt, menghadirkan 1.098 peserta pameran dengan total pengunjung mencapai 900.000 orang. Itu artinya lebih dari 2 kali pengunjung GIIAS 2015. Sementara pada penyelenggaraan IAA ke-65 2014 lalu kala pameran kendaraan komersial dan niaga berlangsung di Hanover, tercatat 2.066 peserta dan dihadiri sekitar 250.000 pengunjung.

Pada Frankfurt Motor Show ke 66 yang digelar pada 17-27 September 2015 ini, mencatat sebanyak 1.103 perusahaan menjadi  peserta pameran yang berasal dari 39 negara. Serta yang menarik, 219 world premiere atau debut perdana produk otomotif terbaru dan termutakhir dilakukan disana. Tentu menarik untuk melihat berapa banyak pengunjung total saat pameran usai nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com