Honda Mobilio Punya Lubang Nyeleneh Pada Bagian Depan. Ini Fungsinya!

Honda Mobilio Punya Lubang Nyeleneh Pada Bagian Depan. Ini Fungsinya!

Honda Mobilio sempat mendapat sedikit ubahan pada bagian grill beberapa waktu lalu, tepatnya ketika keluar versi facelift di awal 2017. Desain yang sebelumnya mengandalkan single blade kini berubah menjadi dual blade. Namun, sepertinya tak banyak yang memperhatikan bahwa ada sebuah lubang nyeleneh yang bersarang tepat di bawah kap mesin bagian kanan bahkan sejak Mobilio berwajah baru pertama kali diluncurkan.

Lubang ini bukanlah kesalahan desain yang tak disengaja. Lubang tersebut sengaja dihadirkan sebagai penghantar 'asupan' untuk menambah performa mesin khususnya akselerasi. Jalur udara tersebut langsung mengarah ke mesin demi menghantarkan oksigen sebagai syarat terjadinya pembakaran.

 

'Air Scoop' yang nyaris tak terlihat ini memiliki semacam terowongan udara pada bagian dalamnya yang langsung mengarah ke air intake dari mesin 4 silinder 1.500 cc tersebut. Menariknya, air intake dari filter udara di dalam mesin dibuat mengarah ke atas sehingga posisinya sama tinggi dengan kap mesin agar lebih aman saat menerjang banjir.

 

Lubang ini sekaligus menjadi cold air intake (pipa asupan udara dingin) untuk menunjang performa mesin guna menghasilkan akselerasi yang lebih baik. Hal ini akan terasa perbedaannya, sebab udara dingin dari luar memiliki kepadatan lebih tinggi sehingga lebih kaya oksigen dan berperan vital dalam meningkatkan efisiensi pembakaran.

 

Sejatinya lubang ini telah ada sejak Honda Mobilio 2016 silam, hanya saja pada versi terbaru lubangnya menjadi lebih 'lepas' dan tidak terhalang grill. Tak heran kalau Mobilio dapat menghasilkan tenaga hingga 118 ps pada 6.600 rpm.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com