Honda Clarity FCV Resmi Dijual, Sama Sekali tak Hasilkan Polusi

Honda Clarity FCV Resmi Dijual, Sama Sekali tak Hasilkan Polusi

Honda Clarity yang berbahan bakar hidrogen akhirnya resmi dijual ke pasaran. Mengusung teknologi Fuel Cell Vehicle (FCV), membuat mobil ini sama sekali tak menggunakan BBM. 

Ada dua komponen utama mesin yang menjadi sumber penggerak Clarity, yaitu motor listrik dan Fuel Cell stack. Selain tak menghasilkan sedikitpun emisi, efisiensi dalam konsumsi listrik dan hidrogen-nya disebut cukup irit. Mobil ramah lingkungan ini dibanderol Honda seharga Rp 875 juta di Jepang.

Dalam siaran pers yang dilansir world.honda, tangki hidrogen bertekanan 70 Mpa terpasang pada mobil ini dan siap menyokong unit Polymer Electrolyte fuel cell dan diklaim mampu menghasilkan daya jelajah maksimum 750 Km. 

Motor listriknya juga disebut punya performa yang tinggi. Dinamo bertipe AC synchronous motor itu mampu menghasilkan daya 174 dk di kisaran 4.501 sampai 9.028 Rpm. Sementara torsinya berkisar 300 Nm pada 3.500 Rpm. Honda melengkapi mobil ini dengan alat pengisi daya bernama Power Exporter 9000.

Dimensi Clarity hanya sebesar Civic generasi terakhir, namun Honda mengklaim ruang kabinnya lebih lega dari Accord. Sebagai mobil yang berkiblat di masa depan, Clarity juga turut dilengkapi dengan paket fitur keselamatan bagi pengemudi dan penumpang, yakni Honda Sensing. Fitur ini berisi Lane Departure Warning, Lane Keeping Assist, Road Departure Mitigation, Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning dan Collision Mitigation Braking. 

Untuk saat ini pabrikan berlambang H itu hanya memasarkan Clarity untuk pasar domestik Jepang saja. Tapi Honda juga berencana untuk memperkenalkan mobil tanpa emisi ini ke Eropa dan Amerika Serikat sebelum akhir 2016. 

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com