Hindari 3 Hal ini Saat Pilih LED Headlamp

Hindari 3 Hal ini Saat Pilih LED Headlamp

Sudah diketahui sebelumnya bahwa peran lampu pada mobil memiliki fungsi yang cukup penting. Peran utamanya adalah sebagai penerangan saat berkendara serta tanda isyarat bagi pengguna jalan lainnya.

Nah, saat ini perkembangan penggunaan headlamp pada mobil terbagi menjadi tiga, yaitu lampu model Halogen, HID (High Intensity Discharge) dan LED (Light-Emitting Diode).

Berbicara lampu jenis LED diklaim menjadi lampu yang memiliki banyak keunggulan seperti hemat energi dan ramah lingkungan. Selain itu, LED headlamp dikemas dengan usia yang panjang, tahan guncangan, waktu respon yang cepat dan menghasilkan pencahayaan serta sinar yang baik.

Sayangnya, berbagai pilihan lampu jenis LED di pasaran tidak semua memenuhi standar kebutuhan headlamp. Berikut tiga hal yang harus dihindari ketika memilih dan mengaplikasi lampu jenis LED pada mobil.

Pertama adalah hindari mengabaikan faktor garansi dan jaringan aftersales service dari sebuah produk. “Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan jika ingin aplikasi lampu LED. Salah satunya adalah sejarah dari brand lampu LED tersebut. Alasannya, berkaitan dengan garansi serta pelayanan aftersales service yang diberikan,” jelas Wihong Jackson, pemilik workshop Hogiori sekaligus dealer authorized Autovision yang berlokasi di Jl. Moh Toha, Ruko R6 No.3. Villa Grand Tomang 1, Sangiang. Tangerang.

Untuk aftersales service adalah jaminan bila ada kesalahan produk yang diakibatkan bukan karena pemakaian dan adanya kesalahan instalasi maka konsumen bisa kembali dimana produk itu dibeli atau dipasang. Ilustrasi jaminan jaringan aftersales service lainnya adalah bila pada saat pemakaian, LED itu tidak fokus maka produk atau instalasi bisa dimintakan kembali ke gerai lampu LED tersebut.

Hal kedua adalah hindari membeli LED hanya berdasarkan harga murah dengan mengabaikan kualitas produk. Jack sapaan akrab owner Hogiori menambahkan bahwa pemilihan lampu LED tidak hanya pada harga yang terjangkau. "Namun, faktor kualitas produk, kesuaian dengan peraturan tentang lampu dan tentunya pemasangan dilakukan oleh workshop yang memiliki reputasi baik," bilangnya.

Selain berbagai langkah di atas, yang harus dihindari selanjutnya adalah cara pemasangaan yang sekadar menempel atau asal jadi. "Meskipun aplikasi LED plug and play, namun pemasangan haruslah benar agar cahaya yang dipendarkan dapat fokus dan berfungsi dengan maksimal dalam menerangi jalan saat berkendara," tuturnya lagi.

Saat instalasi, Jack menyarankan terlebih dahulu membaca manual book atau petunjuk pemasangan dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan pemasangan, kemudian pastikan kabel dari LED tidak berdekatan dengan sumber panas.

Ada baiknya juga, pemasangan dilakukan oleh ahlinya atau di workshop resmi agar mendapatkan hasil dan garansi yang maksimal. Mudah bukan?

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com