Hendak Mudik? Jangan Asal Ganti Kanvas Rem

Hendak Mudik? Jangan Asal Ganti Kanvas Rem

Musim mudik Lebaran bakal tiba sebentar lagi. Tak dapat dipungiri bahwa mobil masih menjadi transportasi pilihan bagi masyarakat Indonesia untuk keperluan mudik.

Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa piranti penting yang menjadi krusial saat mobil diajak melakukan perjalanan. Salah satunya adalah kanvas rem.

 

Setiap pengendara wajib mengetahui usia dan daya tahan dari kanvas rem. Sebab, jika kanvas rem habis dapat membahayakan pengemudi karena sulit menghentikan laju mobil dan melakukan pengereman.

“Kanvas rem wajib diperhatikan saat melakukan perjalanan jauh. Karena peranti ini sifatnya vital. Jika diabaikan, bisa membahayakan pengemudi maupun penumpang mobil,” ujar Tono, mekanik Dunia Usaha Motor ketika diwawancarai (22/5).

Tono juga menambahkan, jika hendak mengganti kanvas rem baiknya gunakan kanvas rem original atau merek-merek yang telah teruji kualitasnya.

“Jika ingin mengganti kanvas rem. Baiknya mengganti yang bawaan pabrik atau merek-merek terkenal seperti Brembo atau Bendix atau yang setara dengannya. Karena sudah teruji kualitasnya dan durabilitasnya,” tambahnya.

Sambungnya, kanvas rem dengan kualitas yang jelek lebih cepat habis dan membahayakan. “Jangan pakai kanvas rem yang kualitasnya jelek. Karena kalau dipakai perjalanan jauh, pemakaian rem akan lebih sering dan lebih panas ketimbang pemakaian dalam kota. Biasanya jika kualitasnya jelek, permukaan kanvas rem bisa rusak di tengah perjalanan dan bisa membahayakan pengendara,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com