Grand Livina VS Mitsubishi Xpander, Mana yang Paling Bertenaga?

Grand Livina VS Mitsubishi Xpander, Mana yang Paling Bertenaga?

Setelah tak lagi dipasarkan PT Nissan Motor Indonesia sejak awal tahun 2019, Multi Purpose Vehicle (MPV) andalan mereka, Nissan Grand Livina, kini tengah santer diisukan segera hadir versi terbarunya.

Dari beragam olah desain dan foto-foto yang tersebar di dunia maya, diketahui All New Grand Livina sangat terpengaruh oleh hasil kerjasama Nissan dengan Mitsubishi, dan disebutkan mengusung platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander.

 

Sebelum kehadiran model terbarunya, Grand Livina diketahui mengusung mesin yang cukup mumpuni, yaitu berkapasitas 1.500 cc DOHC dengan teknologi Variable-valve Timing Control. Jika Nissan tetap mempertahankannya, bagaimana perbandingannya dengan mesin Xpander saat ini?

 

Dari segi tenaga, keduanya berselisih sedikit, Grand Livina memiliki tenaga puncak 109 ps di 5.600 rpm sementara Xpander sedikit lebih kecil dengan 104 ps di 6.000 rpm. Kemudian soal torsi, Livina kembali unggul tipis dengan 143 Nm pada 4.000 rpm dibandingkan Xpander yang 141 Nm di 4.000.

Namun demikian, dari hasil tes OtoDriver dan klaim Nissan, keduanya memiliki kesamaan pada pengetesan konsumsi BBM dalam kota, keduanya berhasil mencatatkan 12 km/liter.

 

Jadi dapat disimpulkan di atas kertas tenaga Nissan Grand Livina lebih powerful dibanding Mitsubishi Xpander. Namun untuk real-nya di atas aspal banyak aspek yang mempengaruhi performanya. 

Saat bicara varian bertransmisi otomatik, keduanya pun jelas berbeda. Karena Grand Livina sudah menganut teknologi transmisi matic CVT, sedangkan Xpander masih pakai sistem konvensional.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com