Gaji RP 8 Juta Bisakah Untuk Beli Mobil Baru?

Gaji RP 8 Juta Bisakah Untuk Beli Mobil Baru?

Beberapa minggu ini masyarakat dihebohkan dengan viral yang mempersoalkan penawaran gaji Rp 8 juta. Angka tersebut dianggap kecil oleh seseorang yang mengaku jebolan Universitas Indonesia sehingga menjadi obrolan banyak warganet di media sosial.

Nah, bila dihubungkan dengan dunia otomotif, apakah gaji sebesar itu mumpuni untuk memiliki mobil baru? Jawabannya adalah; bisa saja. Tentu cara yang bisa kita ambil untuk meminang mobil idaman adalah dengan sistem kredit alias mencicil.

 

Foto: Danu

 

Seperti yang diutarakan Cahaya Fitri Tantriani, Praktisi Customer Relationship Management dari Astra International Tbk, menyebut bahwa sebelum bermain pada angka-angka, sebaiknya customer memahami hal-hal yang umum berlaku pada dunia kredit mobil.

Semisal syarat kredit yang biasa diajukan leasing sebagai partner dealer. Biasanya pihak multifinance menyetujui pengajuan kredit bila cicilan tiap bulannya bisa sepertiga dari total penghasilan keluarga.

Manfaatkan promo untuk meringankan pembelian mobil baru

 

Artinya bila seseorang memiliki gaji bersih Rp 8 juta per bulan, seharusnya bisa mengambil cicilan tiap bulan yang nilainya Rp 2,4 juta. Namun dengan catatan konsumen tidak memiliki pinjaman di bank atau leasing serta tidak di-black list oleh Bank Indonesia.

 

"Selanjutnya tinggal dimainkan saja nilai Down Payment (DP) atau uang mukanya," papar Tantri yang kesehariannya bertugas di kantor pusat Auto2000, jaringan terbesar dealer Toyota. Maksudnya, kalau angka cicilan tiap bulannya belum mencukupi sebagai syarat terpenuhinya pengajuan kredit, maka DP atau uang muka ditingkatkan hingga terpenuhinya angka cicilan Rp 2,4 juta atau di bawahnya.

Selain DP atau uang muka yang bisa dimainkan, tenor juga bisa disesuaikan agar angka cicilan bisa sesuai dengan nilai Rp 2,4 juta atau kurang. Sampai saat ini, sejumlah dealer yang memiliki rekanan leasing, umumnya menawarkan tenor dari satu hingga lima tahun, bahkan tidak sedikit yang menawarkan hingga delapan tahun.

Sekadar catatan, seperti diberitakan sebelumnya, ada cara mudah persyaratan kredit mobil disetujui. "Bakal mudah disetujui bila calon pembeli mobil tidak memiliki jejak rekam kurang baik terhadap pelunasan kredit di leasing lain," jelas Reza PSD, Sales Advisor Dealer Toyota Auto2000 Permata Hijau, Jakarta Selatan.

 

Selanjutnya adalah menyoal data wajib yang harus dilengkapi untuk pengajuan kredit, seperti KTP dan Kartu Keluarga. Siapkan juga data pendukung lain, yaitu slip gaji atau surat keterangan kerja, surat keterangan domisili, surat nikah, surat kepemilikan rumah, dan laporan saldo di bank.

"Pengajuan kredit akan sulit kalau customer dinilai minim kapasitas, seperti belum berpenghasilan tetap hingga belum memiliki tempat tinggal atas nama sendiri," bilang pria yang kerap menjadi mediator antara customer dengan pihak leasing ini.

Tidak kalah penting adalah pengajuan kredit akan lebih mudah disetujui bila Anda sanggup membayar uang muka atau Down Payment (DP) yang lebih besar.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com