Frit Band, ini Fungsi Garis Hitam di Pinggir Kaca

Frit Band, ini Fungsi Garis Hitam di Pinggir Kaca

Mungkin sering luput dari perhatian kita mengenai bagian berkelir hitam yang hadir di keliling pinggir kaca mobil kita khususnya kaca depan dan belakang. Kadang wujudnya berupa garis solid hitam atau garis solid dengan kombinasi titik-titik hitam.

Bagian tersebut dikenal sebagai frit band yang ditempelkan pada saat proses pembuatan kaca dengan memanaskannya dalam suhu tinggi sehingga menyatu dengan kaca.

Seperti dikutip dari taylorautoglass.com, kehadiran frit band ini adalah untuk menjadikan permukaan kaca kasar dibandingkan permukaan kaca yang tidak diberi lapisan ini. Sehingga lem kaca dapat merekat lebih kuat pada bingkai kaca mobil.

Lebih jauh lagi, frit band berfungsi pula untuk menambah estetika yakni menyembunyikan tampilan lem di balik warna hitamnya sehingga tampilan mobil lebih rapi.

Namun ada fungsi lain dari frit band yakni sebagai perekat (lem) dari sengatan langsung radiasi UV. Perekat sendiri merupakan satu-satunya agen untuk mengikat kaca dengan bingkai kaca. Dengan frit band, maka lem jadi lebih awet dan tidak lekas getas sehingga kabin akan tetap kedap dan terhindar dari kebocoran saat hujan.

Dalam perkembangannya muncul jenis frit band dengan model titik-titik pada bagian pinggirnya. Kehadiran titik-titik tersebut untuk membantu membuang panas pada permukaan kaca dan memperlambat transisi cahaya sehingga pengemudi lebih nyaman berkendara saat di bawah terik matahari.  

Frit band dot matrix lebih nyaman untuk pengendara
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com