Fitur TPMS Banyak Tak Dipahami Anak Muda?

Fitur TPMS Banyak Tak Dipahami Anak Muda?

Pengemudi usia muda tampaknya kurang mengerti dengan fitur Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) di suatu mobil. Fitur ini menampilkan tekanan angin ban secara real time yang biasanya muncul di layar instrumen agar sang pemilik mobil tak lagi harus mengecek tekanan angin ban secara manual.

Penelitian ini dilakukan oleh Goodyear Auto Service and Just Tires, di Amerika pada Oktober 2018 lalu. Hasilnya menunjukkan bahwa pengemudi usia muda, yang didominasi oleh milenial dan Gen Z, 1,5 kali lebih mudah memahami emoji populer secara benar dibandingkan harus memahami simbol peringatan yang menyala dari sistem monitoring tekanan angin ban alias TPMS.

Goodyear melihat bahwa kurangnya kesadaran pengemudi dalam mengenali simbol TPMS ini banyak menyebabkan terjadinya kerusakan ban dan memicu sejumlah kejadian kecelakaan.

 

Goodyear yang melakukan penelitian terhadap 1.000 orang pengemudi di Amerika Serikat mendapat kenyataan bahwa 49% dari total pengemudi usia muda dan 39% dari total keseluruhan pengemudi masih kesulitan mengenali simbol peringataan TPMS dan apa yang harus dilakukan ketika simbol itu menyala.

Dari penelitian ini juga ditemukan bahwa kebanyakan pengemudi yang menjadi responden tidak mengambil tindakan pencegahan untuk mobil mereka dalam menghadapi perubahan cuaca. 37% responden kenyataannya baru mengambil tindakan pencegahan selanjutnya saat mobil mereka sudah mengalami masalah.

Untuk di Indonesia, fitur ini biasanya hadir di mobi-mobil segmen premium. Namun brand Tiongkok Wuling juga membekali fitur ini pada hampir semua produknya. Mulai dari Wuling Confero, Cortez hingga Almaz.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com