First Drive: Wuling E100

First Drive: Wuling E100

Dalam acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 yang berlangsung 4-5 September di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Wuling memperkenalkan sebuah mobil listrik berukuran mungil yang mengusung nama E100.

 

Tak perlu menunggu lama, wujudnya yang menarik dan ikonik membuat OtoDriver penasaran dengan rasa berkendarannya. Oleh karena itu kesempatan ini kami maksimalkan untuk mencoba mengemudikannya di sekitaran lokasi acara.

Dengan dimensi panjang 2.488 mm, lebar 1.506 mm dan tinggi 1.670 mm, E100 hanya mampu menampuk dua penumpang saja. Karakter di dalam kabinnya bahkan mirip dengan Smart ForTwo yang sudah dijual sejak 2011 silam di Indonesia. Namun yang menarik, beberapa fitur modern sudah tersemat di dalam mobil mungil ini.

 

Sesaat masuk ke dalam kabin, kami juga mudah menemukan posisi duduk yang nyaman, pasalnya sudah ada pengaturan maju mundur dan sandaran jok. Kemudian meski masih dilengkapi stir kiri, namun cukup ergonomis karena di lingkar kemudi tersebut sudah tersemat pengaturan mode berkendara seperti Sport, Normal dan Eco.

Lalu di bagian kanan kita sudah bisa mengatur audio. Oya, E100 juga sudah dilengkapi start stop engine button dan untuk mengatur pindah giginya sudah tak lagi menggunakan tuas, namun sudah diganti dengan kenop putar.

 

Kaca depan yang lebar dan dasbor yang landai sangat mempermudah kita dalam melihat pandangan jauh ke depan. Sementara spidometer digital yang letaknya di depan stir, posisinya memudahkan pengemudi untuk melihat kecepatan dan kapasitas batre yang masih tersisa.

 

Yang lebih menarik lagi. Meskipun hanya mampu dihuni dua penumpang, namun E100 punya banyak ruang penyimpanan. Total ada 11 ruang penyimpanan yang memudahkan kita meletakan barang-barang bawaan berukuran kecil hingga sedang.

Soal rasa berkendara. Kita memang tidak bisa menguji lebih jauh karena lokasi pengujian yang kurang memadai. Namun dengan dipersenjatai motor listrik lewat baterai lithium yang mampu menghadirkan tenaga 29 kW dengan torsi puncak sebesar 110 Nm, E100 menghadirkan sensasi berkendara yang luar biasa. Apalagi buat para pengemudi yang terbiasa melibas kemacetan di jalan, mengemudikan mobil ini jelas mudah dan lincah untuk melewati rintangan tersebut.

 

Ketika Anda menginjak pedal gasnya, maka torsi langsung keluar dan mobil ini langsung berakselerasi dengan cepat. Namun Anda juga tidak perlu khawatir saat melaju dengan cepat, pasalnya E100 punya fitur keselamatan yang mumpuni dan dapat diandalkan, sebut saja SRS Airbags, ABS, EBD, ESC, EPB, traction control, kamera mundur, sensor parkir dan isofix.

 

Kesimpulan

Waktu yang singkat mencoba E100 telah kami maksimalkan. Semua fitur yang tersemat pada mobil listrik mungil ini sudah kami rasakan meskipun belum terlalu detail, apalagi soal fasilitas hiburan. Yang dapat kami simpulkan adalah mobil ini begitu lincah, kedap dan cukup bertenaga untuk digunakan di jalan perkotaan. Meski suspensi terasa keras, namun hal tersebut membuat pengendaliannya justru terasa mantap. Kemudian banyaknya ruang penyimpanan adalah nilai lebihnya, di samping tentunya mobil ini sangat praktis.

 

Kelebihan

  1. Lincah dan menawarkan kabin yang ergonomis
  2. Torsi langsung terasa sejak pedal gas ditekan, akselerasi cepat
  3. Memiliki kekedapan kabin yang baik

Kekurangan

  1. Suspensi keras, terasa berguncang saat melewati kontur jalan tidak rata
  2. Dimensinya terlalu kecil untuk dinaiki dua orang berbadan besar

Spesifkasi

Wuling E100

Harga: -

Tenaga maksimum: 29 kW

Torsi maksimum: 110 Nm

Jakar tempuh maksimal : 250 km

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com