First Drive: Wuling Cortez CT CVT

First Drive: Wuling Cortez CT CVT

Otodriver diberi kesempatan menjajal Cortez CT yang merupakan varian terbaru dari keluarga Cortez milik Wuling Motors. 

Kegiatan yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat pada 22 April ini memberikan impresi kepada kami bagaimana rasanya ketika Cortez yang notabene adalah sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV) dijejali mesin 1.500 cc Turbo. Mesin ini serupa dengan yang dimiliki Wuling Almaz.

 

Tak perlu menunggu lama, saat mendapat giliran mengemudikannya, kami pun langsung mengeksplorasi tenaganya yang tercatat mampu mengais 140 ps dengan torsi puncak di 250 Nm.

Dengan dimensi yang sama seperti varian Cortez lainnya yaitu panjang 4.780 mm, lebar 1.816 mm, tinggi 1.755 dan wheelbase 2.750 mm, Cortez yang kini dilengkapi transmisi CVT terasa jauh lebih bertenaga.

Di trek lurus kami berhasil mencatatkan kecepatan tertinggi 140 km/jam dengan mobil terisi empat penumpang dewasa, bahkan Soni Susmana seorang instruktur safety driving yang menemani kami mengatakan, ia bisa mencapai kecepatan tertinggi hingga 165 km/jam di trek lurus.

 

Untungnya dengan segala pembaruan yang dilakukan, setingan suspensi Cortez turbo tetap tangguh meredam getaran yang ditimbulkan aspal Sirkuit yang kurang baik. Penggunaan suspensi McPherson Strut dengan Coil Spring di depan dan suspensi independen di belakang sukses membuat Cortez terasa empuk namun tidak sampai mengayun. Yang terpenting, tetap mampu menghadirkan kenyamanan untuk sebuah MPV 7 penumpang.

 

Memang ada sedikit gejala body roll ketika kami melewati tikungan di area tikungan terakhir sirkuit, namun hal tersebut masih dalam batas wajar dan tidak sampai membuat penumpang bergeser dari posisi duduknya.

Sebelum garis finish, kami pun mencoba pengereman. Berkat rem cakram yang sudah diaplikasikan pada roda depan dan belakang, Cortez mampu berhenti dengan baik dan tidak sampai menukik.

Kesimpulan

Cortez CT memiliki tenaga dan transmisi yang lebih baik ketimbang varian Cortez lainnya, hal tersebut membuatnya kini dapat bersaing dengan medium MPV lainnya semisal Toyota Innova. Fitur berlimpah yang sudah ada pada Cortez sebelumnya juga tetap dihadirkan guna membuatnya lebih menarik untuk dimiliki.

Kelebihan:

- Mesin turbo bertenaga

- Fitur keselamatan berlimpah

- Transmisi CVT memiliki perpindahan yang halus

- Kabin lega

Kekurangan:

- Mesin belum teruji dalam waktu yang lama

- Warna interior baru malah lebih mudah kotor

 

Spesifikasi:

Wuling Cortez CT CVT Luxury

Harga:  Rp 282 juta OTR Jabodetabek

Kapasitas Mesin: 1.451 cc Turbo 4 silinder

Tenaga maksimum: 140 ps

Torsi maksimum: 250 Nm

Transmisi: CVT

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com