FIRST DRIVE: Toyota All New Kijang Innova 2.4V A/T

FIRST DRIVE: Toyota All New Kijang Innova 2.4V A/T

Peluncuran All New Kijang Innova kemarin berlangsung dengan meriah di Ball Room Fairmount Hotel di bilangan Senayan. Para petinggi dari PT. Toyota Astra Motor menjelaskan segala hal tentang peluncuran All New Kijang Innova. Mulai dari segi perubahan desain eksterior, perubahan interior dengan penanaman fitur-fitur yang kaya akan teknologi sampai dengan menjelaskan dua jenis mesin baru yang sebagai senjata untuk semua tipe All New Kijang Innova ini.

Tidak hanya itu, tester OtoDriver yakni Hariawan Arif dan Fitra Eri diberi kesempatan menjajal tipe 2.4V A/T. Ini adalah varian yang istimewa. Bagaimana tidak, mesin diesel ini adalah sebuah unit terbaru berkode 2GD-FTV turbo diesel intercooler, yangmenghasilkan tenaga sebesar 149 dk dan torsi raksasa sebesar 360Nm untuk sebuah mobil MPV.

Saat mulai duduk di kabin depan di bagian pengemudi walaupun bukan varian tertinggi, mobil ini sudah memberikan perasaan yang sangat mewah. Pantas saja mobil ini dibanderol cukup mahal dibanding sebelumnya. Posisi mengemudi membaik dibanding sebelumnya, meski tetap tak seergonomis rivalnya seperti Serena. Satu yang hebat, pengaturan tinggi jok begitu fleksibel, sehingga dari postur 150-190 cm bisa mendapatkan ketinggian mengemudi yang pas.

Fitra Eri

Interior yang dilengkapi dengan climate control digital yang memberikan kemudahan dalam mengatur suhu kabin layaknya mobil-mobil premium, head unit double din dengan fitur touch screen berukuran besar, Multi Information Display yang juga cukup besar dan dengan layar berwarna sehingga terlihat lebih atraktif dan juga yang terakhir adalah adanya fitur ambient lifght yang bisa memberikan kesan kemewahan sekaligus kenyamanan.

Toyota sedikit memberikan sentuhan warna aneh pada jok dan doortrim mobil ini, mereka memberikan warna seperti orange ataupun cinnamon pada bagian jok dan doortrimnya. Toyota menyebutnya sebagai coklat, tapi jelas warna ini bukan selera semua orang. Karena yang kami coba ini adalah tipe V, panel-panel tidak bermotif kayu melainkan aluminium look silver yang membuatnya malah terkesan sporty.

Mesin dieselnya juga terdengar halus walaupun saat di luar ataupun di dalam kabin. Mobil ini terasa lebih kedap dibandingkan generasi sebelumnya. Saat menginjak pedal gas dalam-dalam, torsi 360 Nm sangat terasa hingga badanpun terhempas ke jok.

Fitra Eri

Memang sempat disampaikan adanya pengembangan pada suspensi ternyata benar-benar terbukti membuat mobil ini terasa sangat smooth pengendaraannya. Bantingan suspensi pun juga sangat lebut layaknya sedan-sedan premium.

Sayang kami tidak diizinkan untuk mencobanya keluar kawasan hotel Fairmount, sehingga kami hanya diperbolehkan untuk melakukan pengetesan di sekitar parkiran gedung saja. Itu membuat kami tak bisa mengetes kestabilannya. Namun satu hal yang agak kami sayangkan adalah setirnya yang terlalu berat. Agak melelahkan bila diajak bermanuver di jalan sempit.

Secara umum Kijang Innova baru merupakan lompatan hebat dibanding sebelumnya. Tentu saja ini baru first drive jangka pendek, sehingga tak bisa secara komprehensif dan presisi menilai performanya. Begitu unit sudah tersedia untuk kami tes jangka panjang, pasti akan segera kami infokan lagi ke Anda.

Tidak sabar untuk bisa melihat dan merasakan secara langsung sendiri? Segera sambangi dealer-dealer Toyota terdekat Anda.

Toyota Astra Motor

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com