FIRST DRIVE: MINI Cooper S 3-Door 2019

FIRST DRIVE: MINI Cooper S 3-Door 2019

OtoDriver berkesempatan menjajal MINI Cooper S 3-Door dengan rute berkendara dari Kota Bandung menuju Cukul, Pangalengan. Rute yang ditempuh memiliki kontur pegunungan dengan jalan yang cukup berliku-liku hingga sedikit berbatu.

Lantas seperti apa impresi mengendarai sebuah mobil hatchback dua pintu berkarakter sporty yang biasanya dikendarai di dalam kota ini?

 

Mini Cooper S yang kami kendarai ditenagai oleh mesin berkapasitas 2.000 cc 4 silinder turbo dengan tenaga 192 dk dan torsi 280 Nmserta berpenggerak roda depan. Mobil ini memiliki ground clearance hanya145 mm. Lantas bagaimana impresi mengendarai mobil ini dalam mengarungi jalanan yang bisa dikatakan bukan diperuntukkan untuk mobil tersebut?

 

Tentunya, tenaga mesin besar yang dimiliki oleh MINI Cooper S tersebut sangat mumpuni ketika menghadapi tanjakan Selain itu, karakter suspensi sporty khas MINI juga mendukung manuver ketika mengendarai di jalan yang berliku-liku tersebut.

Namun, dengan suspensi yang dimiliki oleh model tersebut tergolong keras, memang mendukung saat bermanuver, akan tetapi ketika mobil melibas jalanan yang bergelombang terasa peredaman suspensinya kurang nyaman di kabin.

 

Begitu pula ketika MINI Cooper S ini dikendarai di jalan sedikit berbatu, kami merasakan tidak ada kesulitan pada momen ini. Akan tetapi, kami pun berkendara dengan perlahan serta hati-hati mengingat kolong yang dimiliki mobil ini tergolong rendah.

 

Lalu bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Dengan rute, dalam kota dan jalan menanjak, musuh Volkswagen Scirocco ini berhasil mencatatkan konsumsi bahan bakar rata-rata 10,1 Km/l yang tercatat di layar MID. Well, good job MINI!

Kesimpulan

Meski lebih cocok dikendarai di dalam kota, namun tak ada salahnya jika membawa MINI Cooper S 3-Door ini ke daerah pegunungan. Handling yang baik serta tenaga mesin yang melimpah tentunya membuat mobil ini tidak menemukan kesulitan apapun saat menjelajahi jalanan berliku serta menanjak. Namun perlu diingat, karakter suspensi sporty yang dimilikinya membuat peredaman menjadi keras saat melalui jalan yang bergelombang. Tak hanya itu, ketika melewati jalan yang berbatu pun disarankan agar berhati-hati karena ground clearance mobil ini yang tergolong rendah .

 

Kelebihan

  1. Tenaga mesin melimpah
  2. Handling mantap
  3. Konsumsi BBM tergolong baik

Kekurangan

  1. Bantingan suspensi keras khas MINI
  2. Ground clearance rendah
  3. Kabin sempit khas mobil sport

 

Spesifikasi

MINI Cooper S 3-Door 2018

Harga : Rp 925 juta Off-The Road

Kapasitas mesin: 2.000 cc 4 silinder turbo

Tenaga maksimum: 192 dk

Torsi maksumum: 280 Nm

Penggerak : Roda belakang (Rear Wheel Drive)

Foto Tambahan

 

 

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com