First Drive: Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018

First Drive: Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018

Anda pastinya tidak asing lagi dengan Hyundai Santa Fe. Medium SUV asal Korea ini cukup tersohor di tanah air. Pada ajang GIIAS 2018 lalu, Hyundai meluncurkan Santa Fe generasi terbaru dengan desain eksterior yang makin futuristik.

Kami pun berkesempatan untuk mengetes Hyundai Santa Fe generasi terbaru ini. Lantas seperti apa impresinya?

Saat melihat bagian eksteriornya, benar saja Santa Fe mencitrakan sebuah SUV yang futuristik. Desain muka depan yang menyajikan keistimewaan berkat lampu DRL yang posisinya di atas, serta lampu utama di bagian bawah plus gril radiator berukuran besar. Sementara melihat ke sekeliling SUV ini, terlihat Santa Fe merupakan SUV yang bongsor

Tak perlu berlama-lama, kami pun langsung menyandarkan tubuh pada kursi pengemudi. Nuansa elegan pun langsung hadir pada ruang interiornya berkat hadirnya layar instrumen yang minimalis, pengaturan AC digital, atap panoramik dengan dimensi yang cukup besar dan dasbor serta doortrim dengan material soft touch.

 

Namun, di balik kabin yang futuristik, rupanya SUV ini juga menyimpan beberapa point kekurangan. Seperti headunit yang belum dilengkapi dengan layar sentuh, airbag hanya 2 titik, serta layar MID yang masih monokrom. Namun di balik itu semua, tentunya banyak sekali hal positif ditawarkan pada Hyundai Santa Fe ini.

Mulai dari posisi mengemudi yang sangat ergonomis berkat pengaturan setir teleskopik serta jok elektrik. Dan hal yang paling istimewa adalah blind spot yang minim berkat dimensi pilar A yang minimalis.

Saat kami menjalankan pesaing Mazda CX-5 ini, Santa Fe mampu memberikan bantingan suspensi sangat baik. Ketika melahap berbagai kontur jalanan seperti polisi tidur dan permukaan jalan aspal rusak, Santa Fe generasi terbaru ini memiliki karakter suspensi layaknya sedan. Redamannya menurut kami sangat baik.

 

Karakter suspensi khas sedan pun tak hanya dirasakan saat sedang berjalan pelan. Ketika kami menancapkan gas penuh serta melakukan manuver ekstrim, gejala body roll-nya pun teredam sangat baik. Kami lupa bahwa Santa Fe merupakan sebuah SUV untuk beberapa saat.

Bahkan, kami pun tersenyum sendiri saat menekan penuh pedal gas. Akselerasi dari mesin dieselnya benar-benar istimewa. Berdasarkan hasil tes kami dengan alat racelogic, jantung pacu diesel berkapasitas 2.200 cc dengan tenaga 195 dk dan torsi 441 Nm mampu melakukan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 8,8 detik.

Bahkan, Santa Fe merupakan SUV penenggak solar dengan angka akselerasi terbaik bila dibandingkan dengan SUV diesel lainnya yang dipasarkan di tanah air. Selain itu, saat kami mengemudikan dengan kecepatan tinggi, peredaman kabin dirasa sangat baik.

 

Namun lagi-lagi kami temukan satu kelemahan pada sisi kepraktisannya. Mengingat Santa Fe berukuran cukup gambot, mobil ini belum dilengkapi dengan fitur kamera parkir mundur apalagi kamera 360 derajat.

Kesimpulan

Hyundai Santa Fe mampu mengedepankan pengalaman bekendara yang sangat baik. Di luar desain eksterior yang futuristik, ruang kabin elegan, Santa Fe menawarkan  karakter suspensi yang sangat baik, peredaman ruang kabin impresif, mesin terbuas di kelasnya, serta posisi mengemudi yang sangat baik. Akan tetapi tentunya terdapat beberapa kelemahan pada SUV terbaru asal Korea Selatan ini, seperti headunit yang belum dilengkapi dengan layar sentuh, absennya kamera parkir, serta layar MID yang belum berwarna.

 

Kelebihan

  1. Redaman suspensi sangat baik
  2. Gejala body roll minim
  3. Akselerasi terbaik di kelasnya

Kekurangan

  1. Belum dilengkapi kamera mundur
  2. Airbag hanya 2 titik
  3. Headunit belum layar sentuh

 

Spesifikasi

Hyundai All New Santa Fe XG CRDi

Harga: Rp 574 juta

Kapasitas Mesin: 2.200 cc 4 silinder turbo Common Rail Diesel

Tenaga Maksimum: 195 dk

Torsi Maksimum: 441 Nm

Penggerak: Front Wheel Drive

 

Foto Tambahan

Adit

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com