FIRST DRIVE: Honda New Mobilio E CVT 2019

FIRST DRIVE: Honda New Mobilio E CVT 2019

Honda Mobilio facelift diluncurkan pada Februari 2019 lalu. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, tidak banyak terdapat perubahan yang ada pada LMPV ini. Rasa berkendaranya pun tak berubah dibanding dengan Mobilio 2018.

Dalam kesempatan kali ini, tim OtoDriver sengaja menjajal lagi supaya tak lupa rasanya sekaligus melihat sejumlah penyegaran yang didapat New Mobilio ini. Unit yang kami tes adalah Honda New Mobilio E CVT dan kami pilih rute keliling Jakarta seharian. Start dari Mall Cilandak Townsquare, Jakarta Selatan, kami melahap rute sejauh 66,4 km ke arah Jakarta Utara. Lantas apa saja perbedaan dibanding Mobilio sebelumnya?

 

Lanjut ke bagian eksterior yang dikatakan mendapat penyegaran. Di bagian wajah, Mobilio facelift menggunakan projector headlamp baru yang sudah dilengkapi dengan LED Daytime Running Light (DRL). Pada sektor bodi, terdapat front under spoiler pada bumper depan, under spoiler pada bagian samping, rear under spoiler di bumper belakang dan pelek model two tone berukuran 15 inci. Perubahan tersebut memberikan kesan tegas pada wajah New Honda Mobilio sebagai LMPV.

Di dalam kabin, terlihat perubahan pada warna dasbor yang kini menggunakan 1 warna saja, yakni hitam. Untuk jok, terdapat peningkatan tebal busa agar lebih nyaman dengan pattern baru dan warna trim menjadi hitam. Perubahan ini membuat kabin terasa lebih simpel dan mewah dibanding sebelumnya dengan nuansa two-tone.

Kemudian untuk lingkar kemudi, cluster MID dan panel AC masih sama dengan Mobilio sebelumnya. Namun pada fitur entertaintment, terdapat pemasangan HU touchscreen baru berukuran 6,2 inci yang sudah dilengkapi dengan hands free telephone, koneksi Bluetooth, CD & DVD dan pastinya kamera mundur.

 

Di sektor mesin, tak ada yang berubah tentunya. Unit 4 silinder berkapasitas 1.500 cc i-VTEC dengan kode L15A masih menghuni ruang mesin. Mobil ini dapat mengeluarkan tenaga sekitar 116 dk pada 6.600 rpm. Pihak Honda mengklaim performa mesin ini sudah cukup dan konsumsi bensinnya irit. Di rute tol kami melaju dalam kecepatan konstan 60 km/jam, pada MID New Mobilio ini menyebut konsumsi bahan bakarnya hampir menyentuh 20 km/l. Tepatnya adalah 19,8 km/l.

Kesimpulan

Saat kami mencoba berkendara, kenyamanan mobil ini sedikit bertambah, mungkin karena penambahan busa pada joknya. Sayangnya kekedapan kabin masih dirasa kurang, karena road noise masih terdengar. Walau Honda Mobilio E CVT facelift ini tidak menerapkan ubahan yang signifikan, namun kami menilai mobil ini positif dari berbagai aspeknya mengingat harganya masih serupa dengan model lawas.

Kelebihan

·      Fitur entertaintment sudah menggunakan HU layar sentuh dan koneksi Bluetooth

·      Kenyamanan jok bertambah

·      Walaupun mesin tidak ada perubahan, konsumsi bahan bakar memuaskan

Kekurangan

·      Peredaman kabin masih kurang

·      Warna bahan jok cepat kotor

 

Spesifikasi

Honda New Mobilio E CVT 2019

Harga : Rp 225 juta

Kapasitas mesin: 1.500 cc 4 silinder

Tenaga maksimum: 116 dk

Torsi maksumum: 145 Nm

Penggerak : Roda Depan (Front Wheel Drive)

 

 

 

Foto: Christo

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com