FIRST DRIVE: Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe MT 2019

FIRST DRIVE: Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe MT 2019

Daihatsu Grand New Xenia diluncurkan pada Januari 2019 lalu. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, tak hanya mendapatkan penyegaran di sisi eksterior maupun interior, kini Xenia juga hadir dengan mesin 1.500 cc.

Dalam kesempatan ini, kami berkesempatan untuk menjajal Daihatsu Xenia 1.5 di Sibolga, Sumatera Utara. Daerah ini memiliki berbagai kontur jalan perbukitan dan juga berkelok-kelok. Maka sangat pas untuk mengeksplorasi performa mesin baru New Xenia ini.

 

Namun sebelum membahas impresi berkendaranya, kita amati dahulu bagian eksterior maupun fiturnya. Seperti sudah diketahui sebelumnya, Grand New Xenia 1.5 R Deluxe yang kami jajal hadir dengan pembaharuan bodikit, lampu depan berdesain baru yang memiliki LED serta lampu belakang yang baru.

Puas memandangi bagian luar, kini saatnya kami masuk ke ruang kabin. Secara garis besar, Daihatsu Xenia keluaran 2019 yang kami tes tidak mengalami pembaruan secara signifikan. Namun jika Anda mengendarai mobil ini, Anda bakal merasakan suasana baru berkat warna krem baru di bagian jok serta dasbor, layar instrument baru, konsol tengah yang lebih besar, Headunit aftermarket dan pengaturan AC digital.

 

Posisi mengemudi Daihatsu Xenia versi terbaru ini masih serupa dengan versi sebelumnya. Posisi duduk tinggi khas Avanza-Xenia yantidak bisa diatur tinggi-rendahnya dan juga pengaturan setir secara Tilt Steering saja. Sehingga untuk beberapa postur tubuh, mengemudi Daihatsu Xenia dirasa tidak ergonomis

Tak perlu berlama-lama, kami pun langsung mengendarainya. Pihak PT Astra Daihatsu Motor mengklaim telah memperbaharui bagian suspensi dan Stabilizer Arm sehingga memberikan kenyamanan berkendara yang lebih dibandingkan pendahulunya.

Dan setelah kami jajal melalui jalan berlubang nan berliku di Sibolga dengan 5 orang di dalam kabin, menurut kami Grand New Xenia ini sedikit lebih empuk dibandingkan versi terdahulunya serta kestabilannya sedikit lebih membaik. Tak hanya itu, peredaman suspensinya sedikit membaik walau secara keseluruhan tidak terlalu signifikan perubahannya. Namun perubahan ini kami nilai positif.

 

Selain itu, pihak ADM menyebutkan telah meng-upgrade bagian peredaman kabin dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. Namun sayangnya, kesenyapan kabin kami nilai masih serupa dengan Xenia sebelum model penyegaran ini.

Namun apakah mesinnya bertenaga? Varian baru Daihatsu Xenia dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.500 cc 4 silinder dengan letupan tenaga 104 dk dan torsi 137 Nm. Saat LMPV berpenggerak roda belakang ini melibas tanjakan ekstrim di daerah Sibolga dengan kondisi 5 orang penumpang, kami tidak menemukan kesulitan apapun. Unit yang kami tes adalah transmisi manual. Selain itu juga, torsi dari mobil ini cukup mumpuni ketika menanjak.

 

Kesimpulan

Walau Daihatsu Xenia versi terbaru ini tidak menerapkan ubahan yang signifikan, namun kami menilai mobil ini positif dari berbagai aspaknya mengingat harganya masih serupa dengan model lawas. Selain itu juga, Daihatsu Xenia kini hadir dengan mesin dengan kapasitas yang lebih besar untuk menjawab kebutuhan konsumen akan LMPV yang lebih bertenaga serta lokasi dengan medan pegunungan seperti Sibolga, Sumatera Utara.

 

Kelebihan

  1. Fitur-fitur makin Up-To Date
  2. Bantingan suspensi sedikit membaik
  3. Tenaga mesin cukup mumpuni saat melibas jalanan menanjak

Kekurangan

  1. Posisi duduk masih kurang ergonomis, tidak ada improvisasi
  2. Peredaman kabin kurang kedap
  3. Walau karakter suspensi mengalami improvisasi, tetapi tidak lebih baik ketimbang pesaingnya, seperti Suzuki Ertiga dan Mitsubishi Xpander

 

 

Spesifikasi

Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe

Harga : Rp 218 juta

Kapasitas mesin: 1.500 cc 4 silinder

Tenaga maksimum: 104 dk

Torsi maksumum: 137 Nm

Penggerak : Roda belakang (Rear Wheel Drive)

 

Foto Tambahan:

 

Simak Video : VIDEO: Ratusan Unit Sigra Siap Jadi Armada Taksi

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com