FIRST DRIVE: Chevrolet Trax, SUV Turbo Pesaing HR-V

FIRST DRIVE: Chevrolet Trax, SUV Turbo Pesaing HR-V

Sudah dua kali General Motors Indonesia menggoda konsumen Indonesia dengan menampilkan Chevrolet Trax. Pertama kali pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 di ICE, BSD dan kedua kalinya di Jakarta Auto Show di JCC, Senayan Jakarta. Sayangnya, SUV kompak berlambang dasi kupu-kupu ini belum bisa diiintip lebih dalam di sana.

Beruntung, kami sempat mencobanya langsung di ChengNa, proving ground General Motors Korea (GMK). Kami mencoba Trax setir kiri berbekal mesin 1.364 cc ECOTEC, Trax juga dilengkapi turbo yang menghasilkan 140 dk dan torsi 200 Nm. Hal ini berarti, Trax tercatat paling bertenaga di kelasnya, jika dibandingkan dengan SUV 1.500 cc seperti Nissan Juke yang bertenaga 114 dk dan torsi 150 Nm, atau Ford Ecosport Ecosport 110 dk 142 Nm dan HR-V 118 dk 145 Nm. Bahkan HR-V 1.8 saja masih kalah 1 dk dari Trax.

Meski kapasitasnya paling kecil, tarikan cukup terasa sejak putaran bawah. Perpindahan gigi dari transmisi otomatis 6 percepatan juga terasa halus, namun pas menyalurkan tenaga. Girboks inilah yang akan disandingkan ada unit yang masuk tanah air nanti, meski ada yang bertransmisi manual 6 percepatan. Oh iya, ada fungsi perpindahan gigi manual, tapi berupa tombol di tuas matiknya.

Bantingan Trax cukup empuk, terasa ketika melewati beberapa jenis kontur jalan di lokasi pengetesan GMK. Hanya saja, ketika lewat kontur jalan kasar dengan kecepatan 80 km/jam, masih road noise masih terasa. Untungnya peredaman lebih baik ketika bertemu semacam lubang di permukaan jalan.

Beberapa fitur SUV pun kami coba, seperti ketika melewati jalan menanjak dengan kemiringan 30% gradien, atau sekitar 16,7 derajat. Trax mampu menaklukkannya dengan mudah. Lebih enak lagi, karena ada fitur Hill Start Assist yang sudah tertanam tanpa perlu diaktifkan lebih dulu. Ada jeda sekitar 3 detik sejak pedal rem dilepas, mobil akan tetap mengerem, sehingga Anda bisa lebih leluasa memindahkan kaki kanan ke pedal gas untuk kembali menjalankan mobil.

Satu lagi fitur yang cukup berbeda dari semua SUV yang ada di tanah air adalah hadirnya soket listrik 220 volt di belakang konsol tengah. Dengan soket ini, berbagai peranti yang biasa dipakai di rumah pun bisa dicolokkan di sini. Sebut saja charger ponsel rumah, atau charger untuk laptop. Bukan tak mungkin membawa peralatan untuk camping bersama Trax. Sayangnya, belum ketahuan berapa daya yang bisa dikeluarkan melalui soket ini.

 

Spesifikasi:

Dimensi (PxLxT) : 4.245 x 1.775 x 1.670 mm

Wheelbase : 2.555 mm

Mesin : 1.364 cc ECOTEC 4 silinder DOHC Turbo

Tenaga maksimum : 140 dk/4.900 rpm

Torsi maksimum : 200 Nm/1.850 rpm

Transmisi : Otomatik 6-percepatan

Audio kemungkinan ada perubahan untuk pasar Indonesia

 

Bagasi bisa diperluas dengan melipat jok yang terbagi 60:40

 

Perpindahan manual lewat tombol di tuas transmisi
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com