F1 Rusia: Rio Haryanto Tabrakan, Ini Kronologisnya

F1 Rusia: Rio Haryanto Tabrakan, Ini Kronologisnya

F1 seri Rusia sukses dibungkus Nico Rosberg dengan kemenangan yang cukup manis. Apalagi pembalap asal Jerman ini berhasil lolos dari beberapa drama insiden pada awal lomba. Namun nasib belum beruntung harus dialami Rio Haryanto.

Belum satu putaran balap, Rio Haryanto harus terkena hantaman mobil Nico Hulkenberg yang berputar hilang kendali. Sirkuit Sochi pun menjadi saksi kecelakaan pertama Rio di F1 dan membuatnya tak bisa melanjutkan lomba. Ini adalah kali pertama Rio tak melanjutkan lomba di F1 karena tabrakan.

Setelah insiden yang merugikan pembalap kebangsaan Indonesia ini Safety Car pun keluar. Alhasil formasi para pembalap kembali rapat. Begitu lampu hijau kembali menyala giliran di rombongan depan terjadi kepadatan mobil pada sebuah tikungan.

Penyebab semua tabrakan itu adalah Daniil Kvyat. Kali ini pembalap Redbull Racing itu benar-benar menghantam bagian belakang mobil Ferrari milik Vettel dua kali. Pembalap asal Jerman itu pun terhenti setelah menabrak pagar pembatas dan tak bisa melanjutkan lomba.

"Seseorang menabrak saya dari belakang!," berang Vettel melalui sambungan radio setelah tertabrak dan belum sadar bahwa kesialannya itu akibat Kvyat. "Hal apapun tak membantu jika siapapun di belakang mu tidak mengerem," geramnya saat sudah berada di paddock.

Tabrakan pertama di tikungan awal juga membuat formasi pembalap-pembalap di belakang kocar kacir. Alhasil beberapa bersenggolan hingga menyebabkan Nico Hulkenberg dari tim Force India melintir berbalik arah. Rio yang berada di belakangnya sebenarnya sudah menghindar ke kiri, namun mobil Hulkenberg yang tak terkendali justru meluncur ke arahnya dari arah kanan. Rio berada di posisi terjepit karena di kirinya juga ada mobil pembalap lain. Sidepod dan ban belakang Rio pun bersentuhan dengan ban belakang Hulkenberg yang mengakibatkan kerusakan pada kedua mobil.

"Saya sebenarnya sudah menyalip dua atau tiga mobil saat start. Tapi di depan ada mobil lain melintir dan saya tidak memiliki kesempatan untuk menghindar," ujar Rio yang tetap tenang setelah kejadian. "Semoga balapan berikutnya bisa lebih baik.

Sementara Rosberg yang start dari posisi terdepan nyaris tak melakukan kesalahan selama 53 lap berlangsung. Kemenangannya di Rusia tentu kian mengukuhkannya di puncak klasemen. "Ini menjadi akhir pekan yang menarik. Kerja yang bagus bagi Lewis yang mendapatkan posisi kedua dengan cukup cepat," seru Rosberg di podium kemengan.

Tim Mercedes AMG F1 memnag menuai hasil yang meuaskan dengan dominasi pembalapnya di podium. Terlebih menjadi pencapian yang fantastis bagi Hamilton yang start dari grid 10.

Muka tim Ferrari masih terselamatkan oleh naiknya Kimi Raikonen di podium ketiga. Keberhasilannya lolos dari drama yang menumbalkan rekan setimnya, Vettel jadi penuntas dahaga podium yang gagal diraih The Ice Man saat seri Shanghai sebelumnya. 

 

Berikut 10 besar di F1 Shanghai 2016:

1. Nico Rosberg            GER    Mercedes-Mercedes    
2. Lewis Hamilton    GBR    Mercedes-Mercedes    
3. Kimi Raikkonen    FIN    Ferrari-Ferrari    
4. Valtteri Bottas    FIN    Williams-Mercedes     
5. Felipe Massa            BRZ    Williams-Mercedes     
6. Fernando Alonso    ESP    McLaren-Honda     
7. Kevin Magnussen    DEN    Renault-Renault    
8. Romain Grosjean    FRA    Haas-Ferrari     
9. Sergio Perez            MEX    Force India-Mercedes    
10. Jenson Button    GBR    McLaren-Honda    

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com