F1 Inggris: Lewis Hamilton Juara, Rio Haryanto Melintir

F1 Inggris: Lewis Hamilton Juara, Rio Haryanto Melintir

Lewis Hamilton berhasil mengukir kemenangan sempurna di kampung halamannya sendiri, F1 Inggris di sirkuit Silverstone (10/7). Tapi yang menarik adalah keseruan para pembalap di belakangnya yang kesusahan karena mendapati trek licin.

Balapan dilepas dengan kondisi mendung dan tak lama hujan lebat pun turun. Tapi Lewis cukup mantap meninggalkan lawan-lawannya di lap-lap awal yang diwarnai jarak pandang sangat buruk akibat hujan.

Korban pertama dari kondisi basah adalah Pascal Wehrlein dari tim Manor Racing yang melintir keluar trek dan tak bisa meneruskan lomba. Hujan yang baru berhenti di pertengahan lomba banyak membuat pembalap tergelincir.

Saat banyak pembalap yang mengganti ban basah ke tipe slick sebenarnya tak menjamin aman dari trek yang sebagian areanya masih basah, Hamilton tetap aman di posisi terdepan. Pertarungan sengit justru terjadi antara Nico Rosberg dan Max Verstappen yang berebut posisi kedua.

Nico dan Verstappen yang menggunakan ban slick tak lepas dari kejadian melintir, terutama di tikungan pertama yang cukup licin. Tapi Verstappen bisa menekuk seniornya itu di lap 17 dan mendapatkan posisi kedua.

Di lap ke-19 pembalap Ferrari, Vettel harus tergelincir keluar lintasan akibat trek yang masih licin. Bahkan Hamilton juga sempat melintir walau ia beruntung bisa mengendalikan mobil Mercedes-nya dengan baik. Banyak sekali pembalap mengalami momen tergelincir di tikungan pertama itu. Termasuk juga Kimi Raikkonen, Fernando Alonso, Felipe Massa serta Max Verstappen.

Hingga akhirnya pada lap 27 Rio Haryanto harus merasakan betapa sulitnya tikungan pertama yang licin tersebut. Pembalap andalan Manor Racing itu juga tergelincir dan tak bisa meneruskan lomba. 

Pembalap berdarah Jawa ini yang start dari urutan 19, tepatnya di depan Wehrlein sebelumnya tak pernah DNF (Did Not Finish) atas kesalahannya sendiri. Artinya ini kali pertama ia tidak finish karena kesalahannya sendiri. "Rio tergelincir dalam kondisi yang sangat tricky," tulis pihak Manor Racing pada akun resmi media sosialnya setelah apa yang dialami pembalapnya itu. Sebelum ini, Rio Haryanto hanya 2 kali tidak finish yang disebabkan faktor mobil dan ditabrak pembalap lain. 

Kembali ke perebutan posisi podium, cuaca cerah membuat trek cepat mengering, perlawanan Rosberg mengejar Verstappen pun kian memanas. Akhirnya di lap 29 Rosberg mencuri angin dan seketika berhasil mendahului pembalap asal Belanda itu.

Lewis Hamilton sudah 4 kali menang di Silverstone

Posisi terdepan yang didominasi duo Mercedes pun bertahan sampai bendera finish berkibar. "Balapan ini tidak pernah terasa biasa-biasa saja. Pasang surut menjadikan balapan F1 seri Inggris adalah balapan terbaik di dunia," seru Hamilton yang diwawancara di podium kemenangan.

Berikut hasil balap F1 Inggris 2016:

1. Lewis Hamilton      Mercedes-Mercedes    
2. Nico Rosberg        Mercedes-Mercedes    
3. Max Verstappen    Red Bull-TAG Heuer    
4. Daniel Ricciardo    Red Bull-TAG Heuer    
5. Kimi Raikkonen     Ferrari-Ferrari    
6. Sergio Perez         Force India-Mercedes     
7. Nico Hulkenberg    Force India-Mercedes     
8. Carlos Sainz Jr      Toro Rosso-Ferrari    
9. Sebastian Vettel     Ferrari-Ferrari 
10. Daniil Kvyat         Toro Rosso-Ferrari     

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com