'Evoque' KW Cina Akhirnya Dituntut Jaguar Land Rover

'Evoque' KW Cina Akhirnya Dituntut Jaguar Land Rover

Mobil lansiran Cina yang punya desain seperti menjiplak Range Rover Evoque tersandung masalah. Jiangling Motor, produsen 'Evoque' KW Cina, kini menghadapi tuntutan hukum dari Jaguar Land Rover.

Mobil buatan Jiangling Motor yang punya nama Landwind X7 dari luar memang benar-benar mirip Range Rover Evoque. Maka Jaguar Land Rover (JLR) pun merasa hak ciptanya telah dilanggar. Seperti yang dilansir Reuters (5/6), JLR telah mendaftarkan gugatannya pada pengadilan distrik Chaoyang Timur, kota Beijing.

Landwind X7 sendiri resmi meluncur di daratan Cina pada 2014 dengan harga 128 ribu Yuan atau sekitar 260 jutaan. Harga tersebut artinya hanya sepertiga dari harga sebuah Range Rover Evoque di sana.

Dilihat dari luar akan banyak yang melihat dan terkecoh mengira SUV tersebut sebuah Evoque. Baru setelah dilihat saksama dari depan atau belakang yang terdapat identitas merek, terdeteksi bedanya.

Walau desain bisa dijiplak, tapi urusan mesin berbeda. Meski begitu konfigurasinya sama. Landwind X7 menggunakan mesin Mitsubishi 2.000 cc turbo berkonfigurasi empat silinder. Dapur pacu tersebut diklaim mereka bisa menghasilkan daya maksimal 190 dk dengan torsi 250 Nm. Terdapat dua pilihan transmisi, yakni 6 percepatan manual dan otomatik 8 percepatan.

Biasanya, pabrikan mobil yang menuntut perusahaan Cina dengan tuduhan menjiplak gagal. Pemerintah Cina sangat memproteksi industrinya dan memiliki aturan longgar dalam hal hak cipta. Bahkan dengan besarnya potensi beli masyarakat Negeri Tirai Bambu itu, tak sedikit pabrikan mobil yang takut mencari masalah dengan otoritas setempat. Pasar Cina terlalu menggiurkan untuk dikorbankan demi idealisme.

Kita lihat saja bagaimana kelanjutan kasus ini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com