Disarankan Mencuci Mobil Setiap 2 Hari Sekali. Kenapa?

Disarankan Mencuci Mobil Setiap 2 Hari Sekali. Kenapa?

Kondisi mobil yang bersih tentu menjadi nilai tambah dan kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. Tak hanya itu, menjaga mobil untuk selalu dalam keadaan bersih juga dapat membantu mempertahankan kilap cat dan kondisi bodi mobil agar lebih awet.

Disarankan untuk mencuci mobil setiap 2 hari sekali agar tak membuat kotoran terlalu lama mengendap di lapisan luar cat. Terlebih jika ada kotoran yang bersifat jahat seperti kotoran burung, getah pohon, dan lainnya yang dapat membuat lapisan cat meleleh hingga kotoran tersebut meresap ke dalam lapisan cat, hingga akhirnya sulit untuk dihilangkan.

 

Sebelumnya banyak rumor yang beredar jika terlalu sering mencuci mobil, dapat membuat cat mobil tersebut menjadi cepat pudar maupun kusam. A. Fadillah selaku Technical Support Meguiar's Indonesia menyebutkan bahwa rumor tersebut sepenuhnya tidak benar.

"Dua hari sekali adalah waktu yang ideal. Semakin sering kita melakukan pencucian semakin panjang juga umur cat mobil. Tinggal dibarengi dengan pemilihan produk sabun cuci mobil yang benar, produk shampo mobil yang mengandung deterjen dan kandungan ph kurang balance memang justru dapat membuat kusam permukaan cat," ujarnya saat kami temui dalam helatan Rupes Detailing International Class di Jakarta (10/7).

"Ada baiknya juga untuk memilih produk seperti Meguiar's yang mengandung conditioner di dalamnya. Conditioner ini berfungsi sebagai pelembab jadi permukaan cat tidak dapat pudar saat kerap terpapar sinar UV dari matahari," tambahnya. Selain  Meguiar's, di pasaran ada banyak merek produk yang telah mengandung conditioner. Anda hanya perlu membaca di kemasannya saja.

Dapat disimpulkan bahwa selain intensitas mencuci mobil, memilih sabun cuci mobil yang memiliki kandungan PH 7 tidak kurang dan tidak lebih menjadi kunci dalam menjaga kilap mobil. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan sabun rumah tangga karena dapat merusak lapisan cat mobil dengan mudah.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com